Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Melirik Kasus 'Tertipu' di SPBU Swasta Asing!

billy - Kamis, 20 Januari 2011 | 11:28 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Seorang konsumen pemakai Nissan X-Trail, komplain kepada pihak SPBU melalui surat pembaca Kompas(8/1) lalu. Dalam keluhannya itu, pria bernama Tedjo Sunoto mengaku merasa tertipu saat mengisi BBM Shell Super, pada salah satu SPBU Shell di kawasan Sunter, Jakut.

Menurut Tedjo, saat itu (27/11/2010) Ia sempat heran lantaran angka pada meteran dispenser sudah menunjukkan 67,76 liter tapi tangki mobilnya tak juga penuh. Tedjo meyakini kalau kapasitas tangki besutannya itu hanya 65 liter. Apalagi saat  datang ke SPBU ini petunjuk meter bensinnya diyakin masih sisa sekitar 5 liter.

Merasa dirinya tertipu, Tedjo pun langsung memanggil manajer SPBU, sekaligus konfirmasi dengan pihak Nissan Sunter, Jakut, yang ia hubungi untuk menanyakan berapa kapasitas tangki X-Trail yang sebenarnya.

Karena masih penasaran, Tedjo meminta untuk mengisi tangki mobilnya lagi sampai penuh. Hasilnya terjadi penambahan 2,4 liter bensin Shell Super, dan meteran dispenser menunjukkan angka total 69,8 liter.


Indikator bensin bukan menjadi parameter baku untuk memastikan volume bensin yang sebenarnya
OTOMOTIF sempat mencari keberadaan konsumen yang merasa kurang puas dengan SPBU Shell itu, ke rumahnya di  kawasan Jl. Permata Biru, Kelapa Gading, Jakut(9/1) lalu, untuk memastikan kondisi yang sebenarnya. Namun sayang, Tedjo sudah keburu pindah dari sana sekitar 2 minggu lalu.

Berdasarkan penelusuran OTOMOTIF ke beberapa sumber di lokasi itu, Tedjo memang merupakan salah satu warga Jl. Permata , Kelapa Gading, Jakut. Menurut ketua RT setempat yang enggan disebutkan jati dirinya ini, Tedjo memang benar memiliki Nissan X-Trail warna gold. "Tahunnya saya tidak begitu paham," ujar ketua RT tadi.

Kasus yang melibatkan SPBU berlisensi asing seperti Shell ini, memang baru muncul sekarang. Konsumen cukup terpincut dengan kualitas bahan bakar dan janji presisi yang ditawarkan Shell. Namun selisih dalam pengisian bensin dengan spesifikasi mobil, sejatinya apakah bisa langsung diarahkan pada praktik penipuan. “Shell menjamin akurasi semua  SPBU,” ujar Budiman Moerdijat, GM external affairs and communication PT Shell Indonesia. Sayangnya hingga tulisan ini diturunkan, Tedjo dan PT Shell Indonesia belum sepakat untuk bertemu membahas masalah ini.

Sebenarnya banyak faktor penyebab selisih dalam pengisian bahan bakar. Konsumen yang merasa dirinya dirugikan juga mesti lebih paham soal teknis kendaraannya. Mengingat penunjuk level bensin dan kapasitas tangki  pada panel indikator tidak bisa dijadikan paramater baku.

Terus harus gimana ya? (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa