Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

EN-V Concept, Kendaraan Unik dari GM di Las Vegas

billy - Senin, 10 Januari 2011 | 12:29 WIB
No caption
No credit
No caption


Las Vegas – Kita tentu masih ingat sosok unik kendaraan masa depan seperti Toyota I Unit dan Honda UX-3 yang selalu menjadi primadona ketika pameran khusus untuk mobil digelar beberapa waktu lalu.

Nah, seolah tak ingin ketinggalan dengan dua kompetitor asal Jepang tersebut, produsen mobil asal Amrik General Motors (GM), juga mengenalkan mobil unik mereka yang berjuluk EN-V, di ajang Consumer Electronics Show di Las Vegas, yang berlangsung pada 6-9 Januari lalu.

EN-V sendiri merupakan kendaraan satu penumpang yang berdesain unik dengan rumah-rumahnya yang menyerupai cangkang telur, dan dua buah ban di sisi sampingnya. Meski kecil, kabin imut EN-V dirancang agar dapat mengangkut tiga orang layaknya bajaj.

Hebatnya, kendaraan bernama lengkap Electric Networked-Vehicle ini dilengkapi dengan perangkat komunikasi mumpuni seperti navigasi GPS dan perangkat komunikasi antar EN-V. Dimana perangkat ini memungkinkan sesama pengguna EN-V ngobrol diperjalanan. 

Gilanya lagi nih, teknologi automatic drive yang terkoneksi dengan smartphone, juga tersedia di kendaraan berbobot 500 kg ini. Sistem ini membuat EN-V berjalan secara otomatis saat parkir hanya dengan memberi perintah melalui smartphone sang pengguna. Hebat!

Selain itu, EN-V juga memiliki dua motor elektrik yang dikendalikan dengan teknologi drive by wire. Motor ini berfungsi sebagai sumber tenaga sekaligus sistem rem. Motor ini digerakan oleh baterai lithium-ion yang di charge dari instalasi listrik rumah, dan dalam sekali pengecasan EN-V dapat dibawa melaju sejauh 40 km.

Sayangnya, belum ada data lengkap mengenai besar tenaga maupun lama pengecasan pada kendaraan unik ini. (otosport.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa