Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengintip Pameran Kendaraan Komersil di Hannover

Editor - Jumat, 29 Oktober 2010 | 07:11 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Nih die truk konsep MAN concept S sudah diuji di Jerman. Kalo lewat lintas Sumatra atau pantura gimane ye?

OTOMOTIFNET - Eropa emang lagi banjir pameran otomotif. Sebelum Paris Motor Show(2-17/10) di Prancis, sebenarnya ada terselip IAA Commercial Vehicles di Hannover(23-30/09) lalu. Saat itu kebetulan OTOMOTIF sedang meliput Automechanika(18-23/09) di Frankfurt, Jerman.

“Gimana kalo kite liat pameran di Hannover. Pan bagus juga tuh,” tutur Juan P. Delano, anak Kwitang, Jakpus yang udah jadi bos gede PT Sumber Berkat, distributor bermacam merek suku-cadang mobil yang undang OTOMOTIF ke Jerman. Wah padahal die lagi ada di Spanyol dan rela terbang ke Jerman.

Sementara OTOMOTIF nebeng mobilnya bos Optibelt, kira-kira hampir 450 km-an ke arah Hannover dari Frankfurt. Wuzz..lewat Autobahn ngebut rata-rata bisa 200 km/jam tuh. Manteb deh.

Astaga naga.. pas sampai di Hannover Messe, pamerannya guede banget. Kalo Automechanika dan Frankfurt Motor Show cuma ada belasan hall, Hannover punya 27 hall. Kalo dikira-kira sekitar 10 kali luas Jakarta International Expo(JI-Expo), Kemayoran. Maaf ye kalo salah itung.. Sedapnye itu pameran sebagian di ruang terbuka yang sejuk dan gak ade pawang hujan.

Tambah manteb lagi pas ngeliat isi booth dan hall. Itu mobil gede-gede amat. Kalo diliat dari grupnya terdiri dari trailer, bis, van, transporter, vehicles equipment,


Ini dia simulasi truk tebalik. Supir truk rata-rata sudah mencobanya pas ujian SIM

Kalo dari merek pastinya Daimler Group dengan Mercedes-Benz berikut anak perusahaannya Mitsubishi truck Fuso dan Setra di hall 14-15. Ada Proventia, truk tes emisi, M-B Sprinter buat rescue dengan towing, teknologi DCA steermaster yang mampu bikin sudut belok lebih patah.

Gak lupa rem cakram truk yang bisa rem pakem dan tahan panas berdiameter 370-430 mm. Serunya ada simulasi M-B Actros yang bisa jungkir balik 360 derajat. Semua penonton boleh nyoba asal gimana menanggulangi truk tebalik.

Teknologi yang iji-ijo alias green vehicles juga ade tuh. Liat aje M-B Atego Blue Tech hybrid yang dinobatkan sebagai truck of the year 2011.. Lantas ada MAN Concept S sebagai truk masa depan yang hambatan udaranya sama kayak sedan. Selain keren, teknologinya juga dibagi-bagi buat mobil kecil kite tuh!

Penulis/Foto: Bil / Billy

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa