Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Demi Aerodinamika, Lotus Renault Sembunyikan Knalpot

billy - Jumat, 4 Februari 2011 | 15:46 WIB
No caption
No credit
No caption


Penempatan exhaust dipindahkan ke depan sidepod (terdapat lingkaran merah)

Tahun 2009 adalah tahun dimana tim Brawn GP menjadi trendsetter modifikasi diffuser bertingkat yang bisa memperbaiki sisi aerodinamika mobil. Namun untuk tahun ini, tim Lotus Renault GP membuat terobosan baru yaitu memindahkan lubang pembuangan gas atau knalpot mobil ke depan sidepod. Dan ini kemudian menjadi topik hangat yang dibicarakan oleh para desainer di tim-tim papan atas.

Inovasi tim Lotus Renault GP ini menjadi perhatian para pakar aerodinamika di tim-tim lain. Walaupun tidak melanggar regulasi, namun mereka percaya ini adalah salah satu teknis yang akan berpengaruh pada performa mobil.

Tim Lotus Renault GP pun mengakui, bahwa desain ini sudah mereka pikirkan sejak tahun lalu demi mendapatkan sisi aerodinamika yang lebih baik. Bahkan kabarnya dengan menempatkan exhaust atau knalpot di depan sidepod, pengaturan udara yang lewat melalui kolong mobil dan dibuang melalui diffuser, akan lebih baik. Begitu pun dengan udara yang mengalir di atas kap mesin menuju ke bawah sayap dan atas sayap belakang.

“Awal terciptanya ide memindahkan penempatan exhaust karena kru yang bekerja di sasis menginginkan sesuatu yang berbeda. Bukan hanya meningkatkan sisi aerodinamika pada mobil, namun juga bisa membuat mobil lebih seimbang. Karena gas yang dibuang melalui samping kiri dan kanan bawah mobil, membuat mobil lebih stabil saat kecepatan tinggi, maupun saat menikung di kecepatan lambat,” papar Rob White, kepala  mesin Renault.

Tambahan desain yang cukup kreatif ini bukannya tanpa resiko. Menurut Eric Boullier sebagai bos tim Lotus Renault GP, bahwa tim ini sudah siap dengan berbagai kondisi nantinya. Namun keyakinan Boullier cukup besar karena mereka sudah melakukan tes di terowongan angin atau wind tunnel. Kondisi ini diperkuat dengan hasil tes hari terakhir di Valencia, Spanyol. Robert Kubica langsung menyabet waktu tercepat menjelang akhir sesi.

White menambahkan bahwa sebenarnya mereka memiliki beberapa paket desain yang cukup unik untuk musim ini. Namun yang cukup menarik konsep knalpot seperti ini. Kabarnya beberapa tim juga sudah mulai ingin menjiplak konsep seperti ini dan akan diumumkan sebelum musim 2011 benar-benar dimulai nantinya. ***

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa