Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia

billy - Minggu, 10 Januari 2010 | 13:00 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOSPORT - Berlokasi di tengah hutan Ardennes, sirkuit Spa Francorchamps mungkin sirkuit terindah dalam kalender F1. Itu karena pemandangan alamnya yang indah. Namun sirkuit ini memiliki kesulitan yang cukup tinggi dan berbahaya. Sehingga cukup menyeramkan namun sekaligus menantang bagi pembalap.

Spa Francorchamps merupakan sirkuit terpanjang di balapan F1. Panjang lintasannya mencapai 6.973 meter dengan tikungannya berjumlah 21. Yang membuat sirkuit ini ditakuti adalah konturnya yang naik turun. Padahal lintasan balap ini memiliki karakter high speed.

Selain itu, karakter cuaca di areal hutan Ardennes juga cenderung berubah lebih cepat dari pada perkiraan. Seringkali terjadi hujan deras namun sebagian treknya kering dan matahari bersinar cerah. Ini memang sering terjadi di trek yang memiliki lintasan panjang. Namun Spa Francorchamps adalah yang paling sulit diprediksi diantara yang lainnya.

Selain cuaca, ada 2 tikungan yang cukup berbahaya untuk dilintasi. Yang pertama adalah La Source, tikungan hairpin yang menyambut setelah mobil melaju kencang. Yang kedua adalah Eau Rouge, yang merupakan kombinasi 3 tikungan kiri-kanan-kiri. Yang membuatnya berbahaya adalah perbedaan ketinggian, membuat blind spot di kombinasi 3 tikungan ini.

Tahun 2010 lalu, Lewis Hamilton merajai sirkuit ini dengan McLaren. Sedangkan 2 tahun sebelumnya Ferrari-lah yang merajai sirkuit ini. Dengan Felipe Massa di tahun 2008 dan Kimi Raikkonen di tahun 2009.


 Data sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia
 Nama sirkuit  Circuit de Spa-Francorchamps
 Dibuka
 1920
 Mulai digunakan
 1950
 Tanggal balapan
 28 Agustus 2011
 Jumlah lap
 44
 Panjang sirkuit
 7.004 meter
 Jumlah tikungan
 21
 Panjang jarak selama balapan 
 308.052 km
 Rekor lap tercepat
 1:45:108 detik - Kimi Raikkonen, tahun 2004  
 Pemenang tahun 2010
 Lewis Hamilton - McLaren Mercedes

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa