Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Jalanan Valencia, Spanyol

billy - Minggu, 10 Januari 2010 | 12:12 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOSPORT - Sirkuit jalanan Valencia merupakan trek balap jalanan semi permanen yang berada di Valencia, Spanyol. Sirkuit ini akan menjadi tuan rumah F1 GP Eropa selama 7 tahun yang sudah dimulai sejak tahun 2008. Lintasannya memanfaatkan jalanan sekitar pelabuhan. Namun beberapa jalan juga dibuat khusus untuk balap yang didesain oleh Hermann Tilke, yang juga sekaligus mendesain bangunan infrastruktur sirkuit ini.

Meskipun sirkuit jalanan, trek balap ini memiliki spesifikasi ala sirkuit kencang, dengan lebar lintasan 14 meter. Sehingga bisa dipacu dengan kecepatan rata-rata 200km per jam dan top speed maksimum hampir 300 km per jam. Itu sebabnya sirkuit ini masuk dalam kategori mid-downforce.

Karena mobil Formula bisa mengitari trek ini dengan kecepatan tinggi, maka bagian yang perlu diperhatikan adalah sektor pengereman. Mulai dari teknik mengerem hingga ketahanan perangkat rem itu sendiri. Karena luas, ada banyak sektor dimana pembalap bisa melakukan overtaking.

Lokasinya yang mengelilingi dermaga membuat sirkuit Jalanan Valencia memiliki pemandangan yang sangat indah. Tentunya ini banyak menarik minat wisatawan asing untuk datang. Tak hanya untuk menonton balap tapi juga menikmati pemandangannya yang indah.

Lap tercepat sirkuit ini dipegang oleh Timo Glock dengan Toyota di tahun 2009. Catatan rekornya adalah 1 menit 38.683 detik. Sedangkan juaranya tahun 2010 lalu adalah Sebastian Vettel dengan Red Bull Renault. 


 Data sirkuit jalanan Valencia, Spanyol
 Nama sirkuit  Valencia Street Circuit
 Dibuka
 2008
 Mulai digunakan
 2008
 Tanggal balapan
 26 Juni 2011
 Jumlah lap
 57
 Panjang sirkuit
 5.419 meter
 Jumlah tikungan
 25
 Panjang jarak selama balapan 
 308.883 km
 Rekor lap tercepat
 1:38:683 detik - Timo Glock, tahun 2009  
 Pemenang tahun 2010
 Sebastian Vettel - Red Bull

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa