Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Albert Park, Australia

billy - Selasa, 6 Januari 2009 | 19:12 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOSPORT - Sirkuit Albert Park adalah salah satu sirkuit yang cukup bersejarah dalam ajang balap di daratan Australia. Sirkuit ini pertama kali dibuka pada tahun 1953, namun pernah vakum cukup lama. Dan dibuka kembali pada tahun 1996 lalu dan menjadi penyelenggara F1 untuk seri yang pertama selama beberapa seri.

Sirkuit ini mengelilingi sebuah danau yang juga bernama sama dengan nama Sirkuit tersebut. Hanya saja karena sebagian arealnya merupakan jalanan umum, maka tiap tahun pengecekan kondisi jalanan di areal tersebut di lakukan penyegaran. Agar tetap layak untuk mobil F1.

Memiliki panjang lintasan 5.303 meter, Albert Park juga masih mengadopsi layout kontemporer. Dengan jumlah tikungan sebanyak 16 tikungan. Dengan arah balapan searah jarum jam, sirkuit ini mampu melahirkan rekor lap tercepat 1 menit 24.125 detik yang diraih oleh Michael Schumacher pada tahun 2004 lalu.

Schumi sendiri mampu meraih kemenangan sebanyak 4 kali di sirkuit ini. Sayangnya tahun 2010 lalu sejak ia kembali ke F1, Schumi belum lagi menunjukkan kepiawaiannya di sirkuit ini.

Sirkuit Albert Park sendiri cukup mudah dijangkau dari kota Melbourne, lantaran jaraknya yang hanya berkisar 3 kilometer ke arah selatan kota tersebut. Sirkuit ini bisa menampung 300 ribu penonton untuk sekali perhelatan F1 selama 3-4 hari pelaksanaan. 

 Data sirkuit Albert Park, Australia
 Nama sirkuit  Albert Park
 Dibuka
 Desember 1953 (dibuka kembali 1996)
 Mulai digunakan
 1953
 Tanggal balapan
 Maret 1996
 Jumlah lap
 58
 Panjang sirkuit
 5.303 meter
 Jumlah tikungan
 16
 Panjang jarak selama balapan 
 307.574 km
 Rekor lap tercepat
 1:24.125 detik - Michael Schumacher, tahun 2004  
 Pemenang tahun 2010
 Jenson Button - McLaren Mercedes

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa