Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Jepang Kembangkan Skuter Listrik e-Lets

Editor - Senin, 27 September 2010 | 12:56 WIB
No caption
No credit
No caption


Mungil tapi fungsional dan ramah lingkungan

OTOMOTIFNET – Pesatnya perkembangan kendaraan ramah lingkungan membuat produsen sepeda motor asal Jepang, Suzuki tak ingin berpangku tangan. Tak ingin tertinggal, pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu, Jepang ini turut mengembangkan produk ramah lingkungan berupa skuter listrik yang berjuluk e-Lets.

Bahkan, Suzuki menyatakan kesiapan mereka untuk memproduksi e-Lets secara massal. Memuluskan rencananya, sejak tanggal 21 September lalu. Skuter listrik ini telah mendapat izin dari pihak pemerintah Jepang untuk melakukan tahap pengetesan di jalan raya.

Suzuki e-Lets sendiri merupakan pengembangan dari tipe sebelumnya, Lets4 Basket yang masih memakai mesin bensin. Dengan dimensi panjang 166 cm, lebar 60 cm, dan tinggi 98,3 cm membuat kendaraan ini hanya mampu membawa satu orang penumpang saja. Uniknya, skuter ini memiliki keranjang besar yang mampu membawa cukup banyak barang belanjaan.

Nah, jika versi terdahulu masih menggunakan mesin bensin, Lets kini menggunakan motor listrik bertenaga 0.6 kW di dalam poros roda belakangnya. Sedangkan untuk pengisian baterai berjenis lithium ion ini. Pengguna tetap harus mencolokan charger ke perangkat listrik rumah tangga berdaya 100 volt. Lalu, hanya mengisi ulang selama empat jam saja, baterai ini akan terisi penuh.

Ketika baterai penuh, e-Lets ini mampu menempuh jarak sejauh 30 km, dengan kecepatan 30 km/jam. Tentu membuat e-Lets hanya bisa diajak berkeliling komplek atau pun berbelanja ke tempat yang tidak terlampau jauh.

Skuter listrik ini juga memiliki perangkat rem regeneratif yang mampu menghasilkan tenaga untuk disimpan pada baterai. Sistem elektrik ini sendiri dikembangkan oleh salah satu raksasa elektronik asal Jepang, Sanyo.  

Keunggulan lain yang di terapkan oleh Suzuki pada skuter berbobot 74 kg ini diantaranya bebas getaran dan akselerasi yang enteng. Serta tentu saja, suara halus dan bebas emisi. Sayangnya, belum ada konfirmasi dari Suzuki mengenai harga maupun kapan mereka akan meluncurkan produk ramah lingkungan ini.

Penulis/ Foto: Ilham/ Suzuki

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa