Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kandungan Lokal KLX 150 Mencapai 75 Persen

Editor - Senin, 18 Mei 2009 | 14:28 WIB
No caption
No credit
No caption


25% komponen lainnya masih didatangkan dari berbagai negara termasuk Jepang

OTOMOTIFNET - Awalnya pasti mengira kalau Kawasaki KLX 150 didatangkan secara utuh (CBU) dari Thailand seperti kakaknya Kawasaki KLX 250 atau Ninja 250. Ternyata salah, yang benar justru dirakit di Indonesia dengan kandungan komponen lokalnya yang cukup besar hingga 75%.

“Khusus untuk KLX 150 kita memang produksi di dalam negeri. Karena untuk pasar Indonesia kita melakukan banyak perubahan spesifikasi disesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia,” buka Freddyanto Basuki, Service Department Marketing Division Manager KMI.
    
“Misalnya kapasitas mesinnya bila versi Amerika hanya 140cc, Versi yang masuk ke Indonesia adalah 150cc. Pistonnya pun pakai produk dari vendor kami, Izumi,” lanjutnya. Pantas saja harga bisa ditekan, memasukkan motor bulat-bulat dari luar negeri tentunya jadi kena pajak lebih besar.
   
“Itu juga salah satu alasan kami, agar harganya bisa bersaing di pasaran,” ungkap Freddyanto sambil menyebutkan harga 21,7 juta (On The Road Jakarta) dianggap cukup sesuai dengan pasar di Indonesia.
Selain itu kita juga berencana mengekspor produk KLX 150 ini ke beberapa negara tetangga seperti Philipina dan Malaysia,” yakin Freddyanto.

Wah Indonesia bisa jadi basis produksi Kawasaki KLX 150 di Asia Tenggara dong?

Penulis/Foto: Popo
 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa