Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kejahatan Jalanan, Waspada Dengan Teriakan Api-Api!

Editor - Rabu, 14 Juli 2010 | 07:48 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Pernah dengar soal sepak terjang Geng api-api? Ya, aksi sekumpulan penjahat jalanan yang meneriakkan api-api kepada otomania yang mengemudi sendiri ini, ternyata cukup ‘sukses’! Kondisi ini pasti bikin panik si pemilik, yang pastinya akan berhenti untuk memeriksa kondisi mobil keseluruhan.

Nah, saat pemilik mobil keluar dan mencermati kondisi besutannya, pelaku yang meneriakkan ada api tadi berpura-pura menawarkan bantuan dengan ikutan mengecek seluruh bagian mobil.

“Padahal trik ini buat mengaburkan per­hatian si korban,” terang Kompol. Sunarto, Kapolsek Pasar Minggu, Jaksel yang beberapa waktu lalu meringkus komplotan ini.  

Korban tidak konsentrasi menjaga barang berharga miliknya yang berserakan di kabin. Kemudian pelaku lainnya akan menggasak seluruh barang berharga yang ada di kabin. Licik bukan?

Lain lagi  aksi komplotan ban kempis yang beraksi di belahan Timur Jakarta. “Setelah pengemudi turun karena diteriaki ban kiri kempis, anggota komplotan beraksi dari pintu kanan menjarah barang berharga,” terang Kompol. Yudi Sulistianto Wahid Sik, Kapolsek Cakung, Jaktim.

Uniknya, dari korban yang tertangkap, tak satu pun kedapatan membawa senjata untuk menakuti korban. Bisa diartikan, saat beraksi mereka hanya memainkan logika  calon korban bahwa memang terjadi hal buruk di mobilnya. Nah pertahankan logika Anda meski saat panik dengan mencermati kondisi mobil. Misalnya seperti apa sih rasanya jika ban kempis benaran. Ayo!

No caption
No credit
No caption

Gbr 1

Gbr 2

AWAS API!
Benar enggak ya, kira-kira bisa ada api mendadak di kolong mobil. "Ya, sebenarnya bisa saja," imbuh Taqwa SS, pemilik bengkel balap Garden Speed di Cilandak, Jaksel. Ayah dua anak ini kemudian melanjutkan beberapa penyebab yang bisa bikin munculnya api di mobil.

Ambil contoh, adanya lelehan oli (Gbr.1). "Misalnya ada oli power steering yang menetes ke knalpot, bisa saja jadi sumber api," kata pria bertubuh gempal ini. Atau misalnya ada yang terlupa ketinggalan di dalam ruang mesin. Seperti lap kain (Gbr.2), kalau jatuh dan menempel di knalpot yang panas juga bisa menimbulkan api.

 Namun semua kondisi ini bisa diprediksi, kok. Maksudnya, hanya Anda yang mengerti mobil kesayangan. Jadi, sebelum panik dan minggir, lalu keluar meninggalkan mobil, harap tenang dan ingat kembali kondisi mobil Anda secara keseluruhan. Kalau memang yakin tidak ada hal mencurigakan yang bisa jadi penyebab api, sebaiknya tetap tenang.

Pinggirkan kendaraan, lalu perhatikan sekitar dan jangan tinggalkan mobil tanpa terkunci. "Ada baiknya memang menyediakan pemadam api di mobil," saran Taqwa. Namun kalau belum tersedia pun, bukan jadi alasan buat tambah panik. Karena itulah yang diharapkan para pencoleng. Tetap tenang, dan jangan lupa bawa serta barang berharga Anda kalau keluar mobil.

Penulis/Foto: Anton, Bil, Manut

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa