Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sulap Mobil Manual Menjadi Matik, Biaya Antara Rp 10-15 Juta

Editor - Selasa, 19 Januari 2010 | 20:33 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Mobil bertransmisi otomatis kini makin digandrungi, utamanya di Jakarta dengan tingkat kemacetan tinggi. Nah, bagi yang masih mengusung kendaraan bertransmisi manual, bisa dioprek menjadi matik!

Salah satunya bisa sambangi Wani Matic (WM) yang berlokasi di Komplek Pinang Griya Permai, Jl. Pinang Griya No. 3A, Ciledug, Tangerang.

Dengan pengalaman hampir 10 tahun Holil, sang empunya bengkel, sudah banyak melakukan perbaikan dan penggantian transmisi matik di banyak mobil.

Menurut Holil, transmisi matik jarang bermasalah jika si pemilik apik merawat. “Yang penting jangan sampai telat ganti oli, karena oli sangat berpengaruh,” bilangnya.

Penyakit matik konvensional yang paling ba-nyak terjadi adalah hilangnya tekanan oli. Alhasil, ketika transmisi berada di posisi D (Drive), hanya mau masuk di gigi 1 saja, tidak mau berpindah ke gigi berikutnya. Selanjutnya sudah bisa ditebak, kalau dipaksa kerusakan akan semakin parah.

Kalau sampai ini terjadi, WM bisa melakukan perbaikan kerusakan macam ini. “Biayanya Rp 1,75 juta, itu jasa saja ya. Lama pengerjaan sekitar 3 sampai 7 hari,” jelas Holil. Biasanya diikuti de-ngan penggantian packing set, pelat kopling set, oli, dan filter matik.

Lain lagi kalau mau melakukan modifikasi, mengganti dari transmisi manual ke matik. “Biayanya Rp 10 juta sampai Rp 15 juta, pengerjaannya satu sampai dua minggu,” ucap Holil lagi.

Lalu kalau untuk transmisi matik yang menggunakan CVT seperti pada Honda City dan Honda Jazz, gejala kerusakannya ketika transmisi berada pada posisi D menunjukkan gejala tersendat.

Kerusakan pada matik CVT biasanya terjadi karena kelalaian si pemilik mobil mengganti oli matik yang tidak sesuai spek atau karena telat mengganti. “Kalau CVT sampai rusak, perbaikannya mahal, bisa mencapai Rp 10 juta hingga Rp 20 juta,”tutur Holil.

Selain itu Holil juga sudah kerap mengganti matik untuk keperluan balap. Semisal yang kini dilakukannya dengan Mitsubishi Eterna.

“Ganti transmisi matik milik Galant VR4 dengan sistem 4WD, jadi lebih kuat dan cocok buat balap,” ucapnya. Penasaran? Telpon saja ke 021-7310046, 0816-1431330.

Penulis/Foto: Kyn / Khalif

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa