Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Moto3 Kalah 4 Detik Per Lap Dari Motor GP 125 cc

billy - Jumat, 15 April 2011 | 13:31 WIB
No caption
No credit
No caption


Ioda Racing dan Oral Moriwaki adalah 2 tim yang mengikuti ajang balap di kelas GP 125 cc di CIV (kejurnas balap motor di Italia). Kabarnya sih keikutsertaan mereka adalah sebagai ajang untuk riset sekaligus pengembangan performa prototipe motor Moto3, sebelum bergabung di Moto3 Grand Prix tahun 2012.

Dari keikutsertaan mereka di seri pertama CIV di sirkuit Misano Italia pekan lalu, Pontone jadi pembalap yang tercepat dengan spesifikasi Moto3 250 cc, 1 silinder. Nah, cukup penasaran dengan perbandingan performa antara motor GP 125 cc dengan Moto3, kami pun memberikan sedikit analisis pra musim performa Moto3 untuk tahun 2012 mendatang.

Pada sesi kualifikasi, Alessandro Giorgi dari tim VTR Aprilia 125, mencetak lap tercepat dengan 1 menit 46.222 detik. Pontone pun mampu meresponnya dengan lap tercepat 1 menit 48.859 detik. Namun selisih rata-rata waktu tercepat yang dicetak oleh Ponton dan Giorgi adalah 3,6 detik di pada sirkuit yang memiliki panjang 4.266 meter itu.

Rata-rata kecepatan tertinggi yang ditorehkan oleh Giorgi adalah 197 km per jam, sementara Pontone hanya mampu membukukan 186 km per jam.  Catatan kecepatan tertinggi ini menyisakan selisih yang cukup besar, yaitu 9 km per jam.

Pada saat balapan berlangsung, red flag pun dikibarkan karena ada beberapa insiden. Namun dilanjutkan 10 lap setelah di start ulang. Hasilnya sangat jauh, jarak Pontone dibelakang pembalap yang finish di posisi pertama berada diatas 40 detik. Jika mencermati selisih waktunya, rata-rata Moto3 tertinggal 4 detik dari GP 125 cc. Jadi rasanya tim Moto3 perlu melakukan riset lebih jauh untuk membuat motor mereka lebih kompetitif dibandingkan GP 125 cc.

Lalu bagaimana jika Moto3 diadu dengan GP 125 cc di sirkuit yang memiliki banyak trek lurus? Pastinya selisih yang ada bakal lebih besar lagi. Tantangan ini harus dijawab langsung oleh tim-tim yang nantinya berkompetisi di kelas tersebut. Setidaknya maksimal hanya memiliki selisih 2 detik lebih lambat, seperti perbedaan antara Moto2 dan GP 250 cc di seri pertama Moto2 tahun 2010 lalu. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa