Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Jerez, Spanyol

billy - Selasa, 12 Januari 2010 | 17:54 WIB
No caption
No credit
No caption


OTOSPORT - Sirkuit Jerez atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Circuito Permanente de Jerez. Merupakan trek balap yang terletak di kota Jerez de la Frontera. Sirkuit ini merupakan gagasan ide Alessandro Rocci, lalu dibangun oleh insinyur Spanyol bernama Manuel Medina Lara.

Sirkuit ini pertama kali dibuka tanggal 8 December 1985. memiliki panjang lintasan 4.423 meter dengan lebar 11 meter. Memiliki 8 tikungan ke kanan dan 5 tikungan ke kiri. Sirkuit Jerez menyajikan lintasan lurus sepanjang 600 meter.

Pada awal tahun 1985, sirkuit ini digunakan untuk menyelenggarakan balap mobil F1. Namun karena lokasi yang sulit dijangkau sehingga mempengaruhi jumlah penonton. Pada tahun 1991 balap F1 dipindah ke Barcelona. Padahal trek ini mampu menampung hingga 125.000 penonton.

Sirkuit ini pernah mengalami revisi, antara lain pada tahun 1994 ditambahkan chicane baru yang disebut "The Senna Curve", di tempat sebelumnya Martin Donnelly mengalami insiden pada kualifikasi Spanish GP 1990.

Sirkuit ini pernah menjadi lokasi insiden kasus kontroversial. Yaitu Michael Schumacher bertabrakan dengan Jacques Villeneuve di European Grand Prix 1997. Akibatnya sirkuit ini sempat dilarang menyelenggarakan ajang Grand Prix.

Namun Jerez menjadi salah satu lokasi favorit untuk tes pada musim dingin. Sedangkan juara MotoGP di sirkuit Jerez tahun lalu adalah Jorge Lorenzo.


 Data sirkuit Jerez, Spanyol
 Nama sirkuit  Circuito De Jerez
 Dibuka
 1986
 Mulai digunakan
 1986
 Tanggal balapan
 03 April 2011
 Panjang sirkuit
 4.423 meter
 Jumlah tikungan
 13
 Rekor lap tercepat
 1:38:189 detik - Jorge Lorenzo, tahun 2008  
 Pemenang tahun 2010
 Jorge Lorenzo - FIAT Yamaha (MotoGP)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa