Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mazda Gunakan RX-8 Bertenaga Hidrogen di Balap Le Mans 24 Jam

Editor - Rabu, 2 Juni 2010 | 18:15 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Tak ingin tertinggal dengan para pesaingnya dalam hal inovasi sumber tenaga. Pabrikan asal negeri matahari terbit, Mazda turut meramaikan ajang balap ketahanan, Le Mans 24 Jam dengan menurunkan mobil bertenaga hidrogennya di kelas baru, “Le Mans vers le future” atau Le Mans versi masa depan.

Kelas baru ini memperlombakan mobil-mobil dengan bahan bakar non minyak (bbm). Mobil yang dipakai  akan menggunakan sumber tenaga alternatif seperti elektrik, hybrid, gas alam serta tenaga hidrogen.

Pada gelaran yang dilangsungkan pada tanggal 12-13 Juni 2010, Mazda akan memakai RX-8 Hydrogen RE. Mobil berbahan bakar hydrogen ini sebelumnya telah dipasarkan di Norwegia.

Uniknya, Mazda RX-8 Hydrogen RE ini satu-satunya mobil yang memiliki mesin rotary berbahan bakar hidrogen yang tentunya zero-emission. Mesin ini juga mengusung teknologi dual fuel unit. Yang membuatnya bisa dioperasikan dengan bahan bakar hydrogen atau dengan bensin.

Tidak hanya bermodal mesin, pembalap yang dipilih tim ini juga bukan anak kemarin sore. Pembalap veteran asal Jepang, Yojiro Terada ditunjuk menjadi pembalap Mazda RX-8 Hydrogen RE ini.

Sebelumnya, pembalap kawakan ini telah mengikuti ajang Le Mans 24 Jam sebanyak 29 kali dan pada tahun 1991 Terada sukses membawa Mazda sebagai juara di ajang satu tahunan ini.

Selain kencang kendaraan tersebut lebih ramah lingkungan. Hebat bukan?

Penulis/Foto: Ilham/Mazda
 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa