Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Toyota Yaris Tipe E 2006, Extreme Weekend Car

Otomotifnet - Sabtu, 5 September 2015 | 10:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Mengincar King Nominee tidak terlalu muluk-muluk. Tapi syaratnya harus masih bisa dipakai weekend car


Bali - Gaya ekstrem di Bali masih menjadi favorit pada mayoritas kendaraan spesifikasi kontes. Salah satunya Putu Wijaya yang mengandalkan kendaraan terlaris buatan Toyota ini. "Memang sengaja mengorbankan 1 unit kendaraan bermesin 1NZ-FE ini, untuk dirombak secara ekstrem. karena memang targetnya menjadi King Nominee," ujar pemuda 24 tahun ini.

Namun tidak asal rombak semuanya harus terkonsep dan harus bisa jadi weekend car. Maka dari itu perlu menggandeng rumah modifikasi Auto Kit yang bermarkas di Jl. Gunung Sanghyang, Denpasar.

No caption
No credit
No caption

Bertenaga dari putaran bawah hingga menengah berkat supercharger

Mesin

Bagian ini memang masih bermain parts bolt-on. Namun alih-alih menggunakan turbo, Putu malah memilih kompresor atau supercharger lansiran Blitz. Pemasangan kit kompresor tidak rumit, bracket dan pulley serta fan belt sudah tersedia.

Lagipula supercharger cocok untuk kendaraan kontes yang memiliki bobot kendaraan jauh lebih berat dibanding standar, karena sudah bekerja sejak mesin dihidupkan. Pasokan udara bertambah tentunya membutuhkan debit bensin yang sesuai juga. Untuk masalah ini gampang solusinya cukup pakai piggyback keluaran Dastek.

No caption
No credit
No caption

Full carbon sayang tidak bawa tablet jadi tampilan dasbor sedikit kurang menarik

Interior

Mengandalkan panel-panel berlapis serat karbon agar tampilan lebih eksotis. Dasbor asli dilapis seluruhnya, namun agar tidak monoton dibuat two tone dengan paduan serat karbon merah dan hitam. Karena diperuntukan kontes dan sesekali daily use, maka tidak masalah hanya menggunakan 2 buah jok reclining.

No caption
No credit
No caption

Tombol-tombol dan switch untuk mengoperasikan semua motorized. Bisa juga lewat gadget


Tentunya untuk meng-adjust jok tersebut tidak bisa maksimal karena akan mentok dengan perangkat audio yang menyita ruang kabin belakang. • (otomotifnet.com)


No caption
No credit
No caption


Fokus di eksterior

Walaupun ekstrem, masih terlihat ciri khas Yaris pada pilar A dan C yang masih standar, hanya menghilangkan pilar B. Mekanisme buka tutup pintu depan dan belakang menggunakan motorized. Tapi cara membukanya beda, pintu depan menganut gaya butterfly, sedangkan pintu belakang dibuat sliding.

No caption
No credit
No caption

Segitiga spion unik untuk meletakan gadget saat kontes


Engsel pintu jelas harus dibuat baru. Menggunakan pelat besi 5 mm dan menggunakan paduan motorize dan 2 buah sokbreker bagasi. Hal ini supaya kerja motor tidak terlalu berat dan juga supaya umur motor pengerak naik turun pintu jadi awet.

No caption
No credit
No caption

Monitor 32 inci bisa buat nonton satu komunitas


Engsel pintu belakang menggunakan bahan besi yang dibentuk menyerupai huruf J. Sebagai sistem pengaman jika sewaktu-waktu motorize rusak, dibuatkan switch emergency yang jika diaktifkan dapat membuka dan menutup pintu secara manual.

Big brake kit 330 mm dengan kaliper 8 piston. Mantap


Nah urusan bodi banyak menggunakan bahan fiberglass, contohnya untuk body kit seluruhnya. Ditambah lagi beberapa panel menggunakan serat karbon seperti spion, bagasi dan lips. Bali memang terkenal dengan kota seni. Salah satu yang patut diacungi jempol pada kendaraan ini adalah permanent tattoo atau airbrush.

"Detailnya sangat rapi dan percaya atau tidak, ini dibuat dengan teknik free hand alias tanpa masking," terang pehobi motor besar ini •

Plus:

- Finishing sektor pengecatan dan airbrush patut diacungi jempol

Minus:
- Boost supercharger seharusnya dibesarkan lagi mengingat bobot kendaraan sangat berat


Data Modifikasi

Mesin:
- Supercharger Blitz- Piggyback Dastek Q+ - Throttle Controller Dastek - Saringan Udara K&N- Air Funnel Billion- Ekstra Injektor - Oil Cap TRD - Header Kansai- Tutup Radiator GReddy- Ground Wire Qmax

Eksterior:

- Custom Body Kit, Kap Mesin, Spion, Tail Light, Wing, Lips, Fog Lamp, Head Lamp, Panoramic)- Cat Spies Hecker Violet Candy- Airbrush - Motorized (Bagasi, Pintu Depan, Pintu Belakang)- Kap Mesin Pneumatic - Shaved Door

Interior:

- Custom (Jok, Konsol Boks, Door Trim, Plafon, Karpet Dasar)- Momo (Pedal Set, Shift Knob)- Indikator Greddy- Setir Isotta- Carbon (Dasbor, Konsol Boks, Jok)

Kaki-Kaki:

- Pelek Rays G25 19 Inci- Ban Depan Accelera 225/35 R19 - Ban Belakang Accelera 235/35 R19- Big Brake Kit Depan K-Sport 330mm Kaliper 8 Piston- Big Brake Kit Belakang K-Sport Kaliper 6 Piston + 2 Piston- Slang Rem Wilwood- Lower Tie Bar Ultra Racing- Strut Bar Custom- Coilover BC - Air Suspension Universal

In Car Entertainment:

- Head Unit Pioneer AHV 8650 BT Double Din- Processor Alpine PXA H-800- Processor Alpine RUX H-800- Power Amplifier VOX 4 Channel- Power Amplifier VOX 3000VD 2 Unit- Speaker Depan 3-Way VOX- Speaker 2-Way VOX Pro Series 2 Set- Subwoofer VOX 12 Inci 2 Unit - Kabel Power Clif Design- Kabel RCA VOX- LCD LG 32 Inci- LCD 9 Inci 6 Unit- LCD 7 Inci 6 Unit- Motorized Monitor LG- Custom Pasif Crossover


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa