Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Praktis di Musim Liburan dan Mudik

Bagja - Senin, 21 Juli 2014 | 12:30 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta - Tak perlu lagi berjuang macet di jalur mudik, sewa mobil di tempat tujuan liburan merupakan taktik paling pas. Pahami jurus-jurusnya untuk mendapat kendaraan dan harga terbaik

Melakukan perjalanan antar kota di tengah musim libur Lebaran perlu strategi jitu agar cerdas dan hemat. Kondisi jalan tidak cukup bagus, jumlah kendaraan membeludak dan macet berkepanjangan. Jakarta-Jogja yang biasanya dicapai dalam 12 jam, bisa memakan waktu 24 jam bahkan lebih.

Kalau sudah begini, tenaga untuk membejek kendaraan atau uang saja enggak cukup. Ada cara yang lebih pintar dan aman, lakukan perjalanan jauh dengan angkutan umum seperti kereta atau pesawat. Untuk jalan-jalan jarak dekat selama liburan, lakukan dengan mobil sewaan. Keuntungannya banyak, tak menguras waktu dan tenaga karena perjalanan jauh, menghindari risiko macet dan celaka. Kendaraan Anda pun tak perlu kerja keras menembus jalur mudik.

Saat ini jasa rental mobil memberikan makin banyak pilihan untuk konsumennya. Jenis mobil yang ditawarkan makin beragam, dari MPV premium seperti Toyota Alphard atau Hyundai H1 sampai aneka minibus dan city car. Dari Toyota Avanza, Innova, Daihatsu Xenia sampai Suzuki Karimun Estilo. Tapi sebelum berburu mobil sewaan, agar liburan nyaman, pastikan Anda menguasai jurus-jurusnya.

BOOKING

Saat long weekend, libur sekolah atau Lebaran, pelancong biasanya membludak, penyewa mobil pun membanjir. Harga pun biasanya ikut naik. Sebaiknya lakukan pemesanan jauh hari agar masih bisa memilih jenis kendaraan sesuai kebutuhan atau budget.

KELENGKAPAN ADMINISTRASI

Di Bali, sewa mobil bisa dilakukan dengan menunjukkan kartu identitas dan SIM. Tapi di beberapa daerah lain seperti Yogyakarta atau Surabaya, syaratnya lebih banyak. Seperti KTP, SIM A, KK dan fotocopy surat nikah serta alamat lengkap daerah tempat tinggal. Siapkan semua berkas berikut kopinya. “Istilahnya lepas kunci, wajib mempersiapkan KTP, KSK dan fotocopy surat nikah,” kata Didik, pemilik Navisa Rental, Surabaya.

Jika tidak berdomisili di daerah penyewaan, pastikan ada alamat atau keluarga, teman atau saudara di daerah sebagai jaminan. Pastikan juga kendaraan dilengkapi surat-surat resmi.

NEGO HARGA

Saat musim liburan, rental biasanya mematok harga berbeda. Bisa sampai 2 kali lipat hari biasa. Jangan sungkan untuk nego. Pastikan semua detail disepakati dengan jelas. Seperti waktu pengembalian, keterlambatan, sampai layanan bila terjadi kerusakan atau kecelakaan. Rental rumahan biasanya harga lebih miring, tapi servis terbatas. Pastikan surat kendaraan lengkap dan kondisi kendaraan sehat.

ASURANSI DAN EMERGENCY SERVICE

Pastikan kendaraan yang disewa dalam kondisi prima. Agar liburan lebih aman, gunakan mobil sewaan yang dilengkapi asuransi dan dilengkapi layanan emergency. Seperti mekanik pendukung, perbaikan atau mobil pengganti bila terjadi kerusakan. Biasanya ini disediakan perusahaan rental besar.


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa