Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Eh, Ada Mobil Formula Buatan Mahasiswa di IIMS

Minggu, 30 September 2012 | 11:30 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta - Kalau Infiniti tampil dengan replika mobil balap Red Bull Racing Team F1 di IIMS 2012, maka mahasiswa UGM (Universitas Gadjah Mada) punya "Bimasakti".

Pengunjung IIMS 2012 mungkin tak terlalu banyak tahu tentang keberadaan Bimasakti. Sesungguhnya Bimasakti baru saja bertarung demi mengharumkan "Merah Putih".

Bimasakti merupakan karya dari sekitar 18 mahasiswa UGM yang tergabung dari mahasiswa jurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri.

"Mobil ini mulai dibangun bulan November 2011 dan selesai Agustus 2012," buka Fikri, salah satu mahasiswa Teknik Mesin yang kami wawancarai.

Tujuan pembuatan Bimasakti adalah untuk mengikuti kompetisi Student Formula SAE (Society of Automotive Engineers) Competition di Jepang (3-7 September 2012).

Mobil ini mengikuti beberapa pengujian seperti akselerasi (uji kecepatan mobil dalam jarak 75 meter trek lurus), skidpad (uji kemampuan cornering dalam linkaran menyerupai angka 8), autocross (uji kemampuan dalam melewati 1 lap dengan trk lurus dan slalom), endurance dan fuel ecomony (uji ketahanan dalam 22 lap serta konsumsi bahan bakar). Hasilnya, Bimasakti meraih peringkat ke-55 dari 82 peserta dari berbagai negara.
 

Mobil Formula mungil ini menggendong mesin Honda CBR 600RR dengan modifikasi pada air intake sytem, fuel supply, dan knalpot. Mobil balap ini memiliki dimensi 2.500 mm x 1.100 mm x 1.050 mm menggunakan chain-drive system, air-liquid cooling system dan bodi serat fiber kustom.

Uniknya, Bimasakti juga mengaplikasi hand shifter layaknya jet darat yang dipakai mobil balap Formula, Hit Safety Equipment (up to 7.350 joule) dan sistem pengereman yang akan membuat mobil berhenti jika rem tidak berfungsi. Hebat! (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa