Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Power Commander V, Didukung Fasilitas Setting Dari Produsen

billy - Kamis, 10 November 2011 | 15:36 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Salah satu piggyback yang paling tenar di pasaran adalah Power Commander V. Piggyback keluaran Dynojet, Amerika Serikat ini punya keunggulan soal kemudahan dalam melakukan settingan.

"Lebih presisi dengan dukungan dari produsennya," ungkap Brahmantio, manager Sportisi Motorsport (SM) yang menjadi distibutor Power Commander di Indonesia.

Dukungan yang dimaksud salah satunya adalah soal kemudahan melakukan settingan. Power Commander V adalah keluaran produsen dynamometer, Dynojet. Artinya, untuk setting sudah compatible dengan dynamometer dari Dynojet.

Di Sportisi Motorsport sudah menggunakan dynamometer dari Dynojet yang memiliki fungsi closed-loop control kecepatan dan putaran mesin.

Fungsinya untuk menahan kecepatan roda atau putaran mesin pada titik tertentu. Putaran mesin perlu ditahan untuk memudahkan melakukan remapping, mengisi kolom-kolom mapping sesuai air fuel ratio (AFR).

Untuk menyelesaikan satu settingan, sang tuner harus memasukan data tiap putaran mesin dari 250 rpm sampai kelipatannya, dalam 9 tahap bukaan gas. Dari 2%, 5%, 10% hingga full throttle atau 100%.

"Selain itu, sang produsen juga melengkapi dengan fasilitas Tuning Link untuk memudahkan setting," beber Bram, sapaan akrabnya. Tuning Link adalah software dari Dynojet Tuning Centres yang secara otomatis mengoptimalkan kurva bahan bakar pada piggyback.

Didukung dynamometer dan punya fitur auto tune
Tuning Link yang bekerja secara online ini secara bersamaan mengontrol dynamometer dan piggyback power commander. Secara real time Tuning Link melakukan penyesuaian AFR.  

Sang tuner paling hanya melakukan sedikit penyesuaian untuk menyempurnakan settingan ini. "Tiap tahun kita bayar lisensi untuk tuning link. Enggak murah, tapi sangat memudahkan," aku Bram.

Belum lagi perangkat optionalnya, Power Commander V ini juga bisa dilengkapi dengan autotune untuk melakukan setting secara otomatis dan kemudian ada juga quickshifter.

Speedshop yang mangkal di Jl. Tenggiri No. 4A Rawamangun, Jaktim ini melepas Power Commander V untuk Honda CBR 250R dengan harga Rp 3,5 jutaan sudah termasuk ongkos setting. Sedang untuk moge, berkisar di angka Rp 4,5 juta keatas tergantung tipe. (motorplus-online.com) 

 Sportisi Motorsport: 021-32244588/47862148

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa