Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Minerva GTR Pro 170R dan GTR 150, Mirip Tapi Beda Tenaga dan Harga

billy - Senin, 10 Oktober 2011 | 11:58 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Andalan Minerva Sachs di pasar skubek tanah air adalah dengan GTR Pro 170R. Menariknya, skubek gambot ini adalah penyempurnaan dari model sebelumnya GTR 150.

GTR Pro 170R ini hadir dengan mesin lebih besar. Kapasitas mesinnya 170 cc, naik dari 150 cc. Peningkatan ruang bakar ini diperoleh dari langkah bore up yang dilakukan oleh PT Minerva Motor Indonesia (MMI).

GTR 150 pakai 58mm sedang GTR 170 bore up dengan piston 61 mm. Kapasitas mesin yang lebih besar ini pastinya menuntut beberapa penyesuaian pada settingan karburator.

Sedang mesinnya, masih menggunakan platform yang sama dengan GTR 150. Satu silinder SOHC dengan dua klep. Mesin ini sudah dilengkapi dengan radiator untuk menjaga suhu mesinnya tetap optimal. Hasilnya, tentu lebih responsif!

No caption
No credit
No caption

Selain mesin, desainnya juga berubah. Sepintas sama dengan sang adik GTR 150, tapi tetap ada bedanya. GTR 170 ini memiliki desain air scoop yang lebih besar ketimbang versi 150. Pastinya agar hembusan angin ke area mesin jadi lebih besar. Bentuk knalpotnya pun dibuat baru.

Selebihnya hampir tak ada yang berbeda. Head lamp tetap pakai projector. Jok berundak, pelek palang lima hingga ban yang dipakai pun sama. Satu lagi yang harus diingat, desain ini konon disiapkan khusus oleh Acerbis khusus untuk pasar Indonesia.


Bila dibandingkan dengan Minerva Sach GTR versi pertama yang masuk ke Indonesia pada Juni 2009 silam, model yang terakhir ini lebih ramah untuk postur pengendara lokal. Jok dibuat lebih tipis tapi tetap empuk dan suspensi belakangnya sedikit lebih rendah.

Meski ada penyesuaian pada suspensi, tapi performanya tetap nyaman. Jalan bergelombang tetap bisa dilibas dengan nyaman. Begitu juga dengan disk brake di kedua rodanya, cukup ampuh membuat skutik ini berhenti seketika.

Harga jualnya, sedikit berbeda. Versi GTR 170 dilepas Rp 20 juta. Sedang sang adik GTR 150 sedikit lebih murah dengan Rp 17,6 jutaan. Pilih mana? Terserah saja.. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa