Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komunitas Dongkrak Harga Jual Mobil Era 90-an

billy - Senin, 14 Februari 2011 | 15:01 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Boleh jadi lantaran dananya pas, banyak konsumen yang masih melirik mobil keluaran tahun 1990an. Tetapi, tak sedikit pula konsumen yang sesungguhnya memang tertarik dengan dan memburu mobil-mobil lawas itu.

Coba tengok saja hasil laporan PT. Astra Internasional Tbk. Perusahaan yang banyak menyalurkan merek mobil baru itu mencatat ditahun 2010 angka penjualan mobil baru total domestik dari berbagai jenis merek mencapai 764.710 unit.

Toh, nyatanya, di beberapa pedagang mobil bekas, perburuan terhadap mobil keluaran tahun 1990an masih ramai.

Mari simak apa yang disuarakan para pedagang itu. "Akhir-akhir ini pasaran mobil tahu 1990an lagi bagus, karena tidak terpengaruh dengan mobil baru yang keluar harganya pun stabil, bahkan bisa naik.," jelas Ferianto pemilik gerai mobil bekas Bintang Jaya yang beralamat di Jl. Raya Cirendeu No. 42 Ciputat, Tangerang.

"Contohnya waktu itu saya beli mobil Toyota Starlet tahun 1994 Rp 50 juta, terus saya jual Rp 54 juta . Karena yang beli mobil waktu itu suka dengan Starlet jadi tidak memikirkan harga jualnya," tambahnya.

Banderol yang tetap stabil itu, boleh jadi lantaran banyaknya komunitas yang dibentuk oleh merek mobil tersebut. Contohnya harga mobil Toyota Starlet tahun 1994 yang masih bagus berkisar Rp 55 juta, atau Toyota Great Corrolla tahun 1995 harganya kurang lebih Rp 70 juta.

"Jadi adanya komunitas mobil dapat mendongkrak harga mobil 1990an, selain itu untuk sekarang ini susah mencari mobil tahun 1990 di Jakarta. Karena sudah lari ke daerah Jawa," tambah Feri.

Showroom yang setiap bulan menjual 4 unit mobil tahun 1990an ini, menyediakan beberapa varian diantaranya. Mercy C 180 harganya Rp 80 juta, Honda Maestro tahun 1992 yang dibuka harganya Rp 45 juta, dan Kijang Grand Extra tahun 1996 dibandrol Rp 68 juta.

Adapun faktor kedua yang mempunyai dana pas diamini oleh Devi Hendra pemilik showroom Jihan Auto di JL. Cirendeu Raya No. 65 Ciputat, Tangerang.

"orang yang baru punya mobil dengan dana terbatas biasanya cari mobil tahun 1990 yaitu jenis sedan contohnya seperti Toyota Corolla Twincam tahun 1991. Untuk sekarang ini saya jarang dapat mobil tahun 1990, padahal harganya stabil dan cukup menjajikan karena modalnya enggak besar," terangnya.

Auto Jihan nyetok mobil tahun 1990 di antaranya Mazda Vantrend tahun 1994 di jual Rp 28 juta. Sedangkan BMW 320i bertransmisi matik tahun 1994 dibuka harga Rp 68 juta. Fenomena kedua faktor tersebut membuat mobil tahun 1990an tidak anjlok harganya.

Adapun  jenis mobil tahun 1990an yang terus dicari yang membuat harganya  tetap di atas adalah Honda Estillo tahun 1992-1995, Honda Civic Nova 2 pintu tahun ‘88-’91 dan Taft GT 4x4 berkisar tahun 1995.

Bagi yang tertarik membeli mobil tahun 1990an sebaiknya lebih cermat dalam memilih varian dan sipakan dana cadangan untuk up grade mobil berkisar Rp 2 juta. Karena mobil yang sudah lebih dari 10 tahun kabel-kabelnya sudah getas jadi kelistrikannya kurang mengalir dengan baik atau ganti timing belt.

"Selain itu perawatan biasa seperti ganti oli dan lain-lain, agar mobil  dikendarai nyaman dan bisa dipakai harian," ungkap Chrismutono pemilik bengkel Sekawan Jaya di JL. Raya Ciputat-Parung No. 34.

Bengkel yang pasiennya rata-rata tahun 1990an ini juga menjual beberapa mobil 1990an seperti Nissan Coupe dua pintu tahun 1990 yang dibanderol Rp 45 juta, terdapat juga Honda Accord tahun 1988 yang dibandrol Rp 35 juta.

"Diantara itu sudah banyak yang tawar Nissan Coupe dua pintu tapi belum pas harganya," tutup Chrismutono.Berminat? (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa