Honda Civic EF Hatchback, Tenar Di Jepang Menjajah Amerika

Otomotifnet - Jumat, 7 Mei 2010 | 14:20 WIB
Honda Civic EF Hatchback: Tenar Di Jepang Menjajah Amerika
Honda Civic EF Hatchback: Tenar Di Jepang Menjajah Amerika

OTOMOTIFNET - Mobil drifting umumnya rear wheel drive. Sebutlah Nissan Silvia atau Toyota Trueno. 

Bila Keisuke Hatakeyama menggenjot Honda Civic EF jenis hatchback (Honda Civic Nouva  1989-1990), tentu bukan cerita biasa.

Kehebatan Keisuke menari dengan Civic Nouva ‘tarikan depan’ ini bahkan tercium hingga ke negeri Paman Sam.

NORMALLY ASPIRATED

Cerita berawal ketika video drift lawas Hatakeyama-San di internet, ditemukan oleh kru balap tim Falken Amerika. Tak lama kemudian, pria setengah baya yang sebenarnya sudah meninggalkan dunia drifting, dikontak untuk segera mempersiapkan mobilnya kembali.

Padahal, Keisuke sudah sibuk dengan bisnis instalasi penyejuk ruangan dan ventilasi gedung. Seakan diajak bernostalgia, Honda Civic yang lama ngendon di garasi, dikirim ke Amerika untuk teken kontrak dengan Falken.

Buat kebanyakan orang, drift car tarikan depan jelas sesuatu yang unik, bahkan mustahil. Namun, Falken punya instuisi lain saat menemukan Hatakeyama-San. “Ini gila dan menakjubkan,” sahut tim promosi balap ban Falken. Begitu indahnya Civic Nouva ini diajak menari di atas lintasan panjang sirkuit Irwindale saat Formula Drift dua tahun silam.

Padahal, kalau mau melihat spesifikasi mobil warna biru dan hijau khas Falken ini, tak terlalu heboh seperti mobil drift kebanyakan. Hanya bermodal mesin Civic Integra Type-R dan ubahan pas pada suspensi dan kaki-kaki.

Keisuke pun tak pernah membayangkan bakal menggunakan Honda Civic sebagai gacoan drift. Alasannya sederhana. “Saat muda dan gila drift , mobil andalan saya hancur tabrakan,” jelasnya.

Gantinya, membeli Civic tipe EF  karena waktu itu relatif murah. “Itu pun bertransmisi matik karena tak punya uang membeli Silvia,” kenang pria bertubuh gempal ini sambil tertawa.

Latihan serius hingga menghabiskan 300 ban dalam waktu setahun,  lantas membuatnya menyatu dengan Civic. Bila bertahan sampai sekarang bukan karena kebetulan, dimensi mobil, jarak sumbu roda dan overhang Civic EF sangat nyaman untuk diajak sliding dan menyapu tikungan.


Penulis/Foto: Kl:X / Dok.Otomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Editor

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa