Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor Cina Juga Bisa Dibikin Kencang, Contoh Minerva 150R!

Editor - Sabtu, 14 Desember 1901 | 03:53 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Desain seperti Honda CBR 150, membuat Minerva 150R banyak yang kepincut. Tetapi bedanya, penunggang motor asal Cina ini masih banyak yang ragu soal ngutak-ngatik mesin agar performanya meningkat.

Sebenarnya, tak perlu iri dengan pengguna CBR, karena Minerva pun ternyata bisa digarap agar lebih ngacir. “Basis mesin sama dengan Honda GL Pro,” tukas Abdullah dari bengkel Ex Gadean, di kawasan Ulujami, Jaksel.

Ex Gadean

Menurut Bedul, panggilan Abdullah, secara garis besar Minerva 150R punya rancangan mirip Honda GL, bahkan CB. “Seperti yang terlihat pada tunggangan teman-teman pengguna Minerva di bengkel ini,” ujarnya.

Seperti umumnya besutan 4-Tak, modifikasinya tentu tak terpaut jauh dibanding yang lain. Bisa korekan harian atau agak ekstrem seperti bore-up, dengan mengganti piston lebih besar.

Untuk harian, Bedul menyarankan porting & polish dan setting saja, “Biayanya sekitar Rp 150 ribu,” tuturnya. Tentu sudah termasuk jetting karbu. Lama pengerjaan agak relatif di bengkel ini. “Tergantung kondisi pasien,” candanya, kalau sedang numpuk, bisa 4 hari, tapi jika sedang kosong, cukup 2 hari.

Sementara soal bore-up, pengerjaan seperti di GL Pro. Bisa pakai piston Tiger beserta boring-nya. Dananya cukup Rp 700 ribu. Beda jika mencakup utak-atik kepala silinder, seperti ganti klep, per klep serta ubah sudut klep dan lainnya, dikenakan biaya Rp 1,5 juta.

Ada juga paket lain, “Misal paket head Tiger plus bloknya,” kata Bedul. Head berikut isinya Rp 900 ribu, lantas blok Rp 250 ribu.

No caption
No credit
No caption

Piston Tiger bisa jadi pilihan bore-up

Kem, pengerjaan seperti Umumnya tunggangan 4-tak

G Motor

Bengkel di Jl. P.U Pengairan, No.37, Pd Ranji, Bintaro Sektor 2, Jaksel ini punya paketan seharga Rp 1,5 jutaan. Dengan budget segitu, Ari Widianto, bos plus mekanik G Motor kasih paket kohar alias korek harian.

“Untuk kohar, knalpot standar cukup dibobok dan beberapa sentuhan di bagian mesin seperti porting & polish. Selain itu, karburator bawaan motor di-reamer dan setting ulang pilot dan main jet,” jelasnya.

Simpel? Gak juga! Sebab agar lebih maksimal, kepala silinder juga kena rombak. “Dibubut agar kompresi naik, juga sudut squish dirombak menyesuaikan sudut bibir piston,” tambahnya.

Waktu penggarapan dipatok 4-7 hari. “Mengingat minim pemasangan part racing PNP, jadi waktu kerja juga tergantung sama bengkel bubut,” tutup mekanik biasa disapa Gepeng.

Jadi tak perlu ragu memodifikasi Minerva, bukan?
 

Paket  ala EX Gadean
Porting & polish + jetting
150 ribu
Paket bore up piston tiger
700 ribu
paket bore up + seting klep
1,5 juta
paket head Tiger
900 ribu
Blok Tiger
250 ribu
Ex Gadean
021-99661980
Paket  ala G Motor
Ongkos bubut
300-500 ribu
Ongkos kerja & setting
500 ribu
Bobok Knalpot
150-200 ribu
Piston + Ring + Pin
155 ribu
Total 1,5 juta
G Motor: 021-93858032


Penulis/Foto: Atenx, Ben / Jodi, Benny

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa