Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemilihan Oli Mesin Motor, Harus Sesuai Jenis Mesin

Dimas Pradopo - Kamis, 8 Oktober 2015 | 07:30 WIB
Pemilihan Oli Mesin Motor. Harus Sesuai Jenis Mesin
Denta
Pemilihan Oli Mesin Motor. Harus Sesuai Jenis Mesin

Otomotifnet.com – Saat ini banyak oli motor yang beredar di pasaraan. Sebelum membeli, sebaiknya cocokkan dengan tipe mesin motor apakah menggunakan transmisi atau otomatis (skutik).

“Pada dasarnya prinsip kerja mesin motor bertransmisi (bebek/sport) berbeda dengan skutik yang otomatis. Kalau motor bertransmisi ada komponen kopling di dalam mesin sedangkan di skutik tidak ada karena koplingnya ada di bagian CVT,” jelas Shofwatuzzaki, selaku Lubricants Technical Advisor Shell Indonesia.

Pria yang akrab disapa Zaki ini juga menambahkan.

 
“Penggunaan olinya pun juga pasti berbeda dan harus sesuai peruntukkan. Jangan menggunakan oli untuk motor skutik di motor bertransmisi,” tambahnya.

Efek yang ditimbulkan jika menggunakan oli skutik di motor bertransmisi yaitu kopling bisa selip dan performa mesin bisa menurun.

 
Itu dikarenakan oli skutik didesain lebih licin dari oli motor bertransmisi karena tidak harus melumasi komponen kopling.

Serupa halnya juga kalau menggunakan oli mobil pada motor bertransmisi, efeknya bisa selip kopling.

 
Oli mobil juga didesain tidak untuk melumasi komponen kopling yang terendam oli, karena bagian kopling di mesin mobil terpisah seperti motor skutik.

Jadi, jangan salah pilih dan harus sesuai peruntukannya yaa.


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa