Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang End Cap Knalpot Yamaha V-Ixion di NMAX, Keren Juga Nih!

Otomotifnet - Rabu, 30 Desember 2015 | 11:56 WIB

Jakarta - Ujung knalpot atau bahasa kerennya end cap pada Yamaha NMAX bisa dibikin lebih keren. Yang sudah bereksperimen adalah Djony Kawsar, bro satu ini coba pasang end cap pakai punya Yamaha New V-Ixion. Meski bukan yang pertama, Djony begitu pria ramah ini akrab disapa, hadir dengan trik pemasangan yang lebih sempurna.

“Sebelumnya sudah pernah melihat NMAX pakai end cap V-Ixion, tapi sayang pemasangannya masih asal. Makanya saya tergerak bikin yang rapi dan tidak merusak part standarnya,” ungkapnya sembari mencontohkan cara pasangnya.

Sebelumnya, siapkan dulu plat strip tebal 3 mm dan lebar kurang lebih 1 cm, lalu siapkan pipa setebal 1,2 mm dengan diameter 3/4 inci serta panjang kurang lebih 5 cm, dan tentu saja mur serta baut yang digunakan untuk mengikat end cap.

Pertama yang dilakukan adalah menyambung moncong knalpot standar, fungsinya untuk dijadikan dudukan end cap. “Pada ujung knalpot NMAX terdapat kurang lebih 2 cm pipa yang muncul keluar. Pipa yang sudah dibeli dan diameternya lebih besar dari moncong knalpot standar tinggal dimasukan. Lalu las listrik 3 titik saja agar mudah dilepas ketika sudah bosan,” ucapnya.

End cap akan terpasang sempurna dengan membautnya di tiga posisi, nah yang ini harus dibuatkan dudukan murnya. Caranya ambil pelat lalu las dengan posisi sesuai dengan lubang di end cap. Las juga mur sebagai tempat penguncinya. “Membuat dudukan ini harus presisi karena kalau tidak nanti end cap-nya akan mentok dengan cover knalpot atau tidak center dengan pipa knalpotnya,” lanjut Djony.

Terakhir, pelat yang sudah terpasang lalu dicat hitam agar tidak berkarat. “Biaya yang dibutuhkan untuk semua ini tidak lebih dari 175 ribu,” tutup asli Riau ini. Murah dan mudah kan? • (otomotifnet.com)

Penulis / Foto : Fariz

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa