Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Land Cruiser FJ40 1975 Wajib Terlihat Lawas

Otomotifnet - Kamis, 31 Maret 2016 | 16:09 WIB

Kebanyakan modifikator FJ40 mengubah tatanan interior demi hiburan kabin yang lebih baik, tidak dengan yang satu ini

Jakarta - Usai merestorasi Toyota Land Cruiser FJ40 1975-nya dan pasang transmisi baru, Agung Budi Santoso tidak ingin sistem audionya tetap standar. Sama seperti tidak membiarkan jipnya itu tercebur ke lumpur, bagian interior pun juga dijaga bersih dengan tidak membuat ubahan-ubahan yang terlihat mengubah tampilan asli.

Akhirnya, FJ40-nya dibawa ke Cartens Autosound di Fatmawati untuk mendapat treatment ala SQ atau Sound Quality. “Kata pemiliknya harus terlihat seperti standar, jadi tidak bisa asal bikin dudukan custom di sana sini,” ujar Eddie Soesanto, owner dan instalatur di Cartens Autosound. Speaker depan pun dibuatkan sistem 3-way. Midbass yang biasa diletakkan di door trim jelas akan merusak tampilan, maka diakali dengan dibuatkan dudukan di kickpanel.

“Karena bentuk mobilnya kotak dan jarak jok ke dasbor pendek, jadi pakai midbass 5 inci di kick panel, supaya jarak speaker ke pendengar simetris dan hasil suara antara midwoofer dan midranger-nya nge-blend,” terang Eddie. Kemudian dudukan tweeter dan midrange harus dibuat di dasbor, karena pilar A terlalu tipis dan terlalu mengubah penampilan jika di-custom. Uniknya, frekuensi tengah diisi menggunakan speaker fullrange dan masih ditambah output frekuensi tinggi dari tweeter.

“Speaker di depan pakai modifikasi fullrange dengan crossover pasif, sehingga cakupan frekuensinya lebih kecil. Untuk frekuensi tinggi yang lebih detail, ditambahkan driver kecil tweeter untuk spektrum frekuensi yang lebih lebar dan lengkap,” tambah pemilik gerai di ITC Fatmawati tersebut.

Kemudian agar menambah efek surround dan ambience suara pada keseluruhan ruangan, ditambahkan juga speaker untuk di belakang. Karena tidak ada dudukan standarnya, maka dibuatlah model soundbar dengan speaker fullrange dan tweeter yang diberikan dudukan di atap ala-ala Jeep Wrangler. Hasilnya, keluaran ala SQ berhasil diraih tanpa mengubah desain lawasnya. • (otomotifnet.com)


Data Modifikasi Toyota Land Cruiser FJ40 1975

Head Unit: Pioneer 1-DIN DVH-755AV, DSP: Processor Alpine H800 (Red Edition), RUX Alpine, Speaker Depan: 3-way, Midbass Baffle Kick Panel, Midrange, Fullrange Reverb Acoustic, Tweeter Reverb Acoustic, Crossover Passive Reverb Acoustic, Speaker Belakang:  3-way Soundbar, Midbass Reverb Acoustic, Fullrange Reverb Acoustic, Crossover Passive Reverb Acoustic, Subwoofer:  Dominations Boombox Power Amplifier Mosconi One 120.4, Mosconi One 120.2

 

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa