Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha Mio Drag Bike Andalan Wiwi Mungils!

Parwata - Senin, 25 April 2016 | 20:44 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Wiwi Mungils, bukan cuma cantik tapi sukses jinakkan Yamaha Mio bore up 200 cc!

Solo - Akhir-akhir ini makin banyak wanita jadi joki drag bike. Bukan cuma punya bobot ringan, tapi tak sedikit yang cantik dan berprestasi. Salah satunya adalah Wiwi Pratiwi atau sohor dikenal dengan panggilan Wiwi Mungils.

Kelahiran Cikarang 1998 ini awalnya hanya nonton drag bike, baru pada 2014 turun resmi dan kini direkrut tim papan atas, Kawahara Tri Jaya Sakti Pell’s. Berbagai prestasi sudah digapai oleh gadis dengan berat badan cuma 39 kg ini.

“Alhamdulillah kemarin juara 1 di kelas 8 detik drag bike AHRS IRC IDC 2016 di Boyolali dan podium 1 lagi di drag bike Sumber Production kelas matic 200 cc,” lanjut pemilik tinggi badan 160 cm ini. Wow! Wiwi sukses menjinakkan Yamaha Mio sporty bermesin 200 cc.

Yuk lihat korekannya. Isi silinder tentu dibuat bengkak, piston Kawahara high dome dengan diameter 66 mm diandalkan tanpa naik stroke. Kapasitas mesin jadi 197,9 cc. Sedang kompresinya 13,5:1 dengan ditambah papas head 0,2 mm. Besarnya piston diimbangi dengan pemasangan klep lebar.

 

“Klep in 33 mm dengan batang 5 mm berbahan titanium, sedang klep ex 29 mm batang 4,5 mm berbahan besi produk Kawahara,” jelas Arif Sigit Wibowo, owner sekaligus mekanik dari Pell’s Racing Solo. Untuk pengabutan bahan bakar, pria yang akrab disapa Pele ini pakai Keihin PE 28. Namun lubang venturinya sudah direamer jadi 30 mm.

Selanjutnya tinggal meracik main-jet dan pilot-jet nya sesuai dengan kemauan mesin dan kondisi cuaca. Untuk CVT, roller memakai produk Kawahara dengan bobot rata 9 gram. Agar tenaga di putaran bawah cepat digapai pulley juga memakai Kawahara dengan sudut yang lebih runcing 13,5º berikut kampas kopling yang juga dari merek yang sama. Pria ramah ini mengaku kalau racikan Yamaha Mio ini sama sekali tidak disesuaikan dengan karaktek balap Wiwi Mungils.

“Sementara ini belum sempat bikin mesin untuk karakter joki cewek karena waktu balap terlalu mepet. Jadi mesin ini tenaganya masih sama seperti yang dipakai joki lain yang umumnya laki-laki,” jelasnya. Dan nyatanya, Wiwi masih bisa menjinakkan! Mantap. • (otomotifnet.com/Fariz)

Data Modifikasi
Piston : Kawahara 66 mm
Klep : in 33 ex 29
Karburator : PE 28 reamer 30 mm
Knalpot : Kawahara K2
Roller : Kawahara 9 gr
Kampas kopling : Kawahara
CDI : Kawahara
Kompresi : 13,5:1
Pulley depan : Kawahara 13,5 derajat
Pell’s Racing Solo: 08122971361

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa