Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komparasi Spesifikasi Penantang GESITS Dari Jepang Terra a4000i, Simak!

Dimas Pradopo - Sabtu, 14 Mei 2016 | 14:44 WIB

Jakarta - Besok (14/6), penantang skutik listrik buatan Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya GESIT, datang dari Jepang ke Indonesia. Kehadiran Terra Motors Electric Vehicle ini akan diresmikan lewar prosesi launching di kawasan Jakarta Utara.

Terra Motors masuk ke Indonesia lewat PT. Jaya Mimika Lestari (JML) membawa empat model sekaligus yaitu A4000i, A2000, dan S750. Salah satu model terbaik dari semua line up yang ada adalah Terra a4000i. Seperti apa kemampuannya? Dan seperti apa jadinya jika disandingkan dengan GESITS, yuk simak!

Secara desain, Terra a4000i yang sudah diproduksi masal ini terlihat sangat menarik. Warnanya putih bersih menggambarkan keunggulannya bersih tanpa emisi gas buang. Di bawah jok dibuat unik berlubang, sedang boks bagasinya berbagi dengan rumah baterai.

Secara konstruksi, penggerak motor listiknya ada di hub atau teromol roda belakang. Hal ini menjadi salah satu hal mendasar yang membedakan dengan GESITS. Keunggulan konstruksi ini tentu saja transfer tenaga ke roda langsung tanpa perantara. 

Sedang GESITS yang penggerak motor listriknya ada di atas rangka dan menggunakan belt untuk memutar roda belakang diklaim unggul pada durabilitasnya. Penggerak motor listriknya tidak mudah terendam air atau terguncang saat melewati jalanan Indonesia yang sarat lubang dan genangan air di musim hujan.

Sama seperti GESITS, Terra a4000i juga memiliki aplikasi monitoring untuk kinerja sistem electric-nya. Bedanya, aplikasi Terra a4000i hanya bisa dibuka via iPhone, sedang GESITS memilih operating system Android yang lebih banyak dipakai orang Indonesia.

Menurut website resminya, penggerak motor listrik Terra a4000i hanya 1 kW dan dibekali dengan baterai lithium berspesifikasi 48V,40Ah dengan lama waktu charging 4,5 jam. Dalam kondisi terisi penuh bisa dipakai berkendara hingga 60 km dengan kecepatan maksimal 60 km/jam,

Sedang GESITS penggerak motor listrik 5 kW, baterainya lithium ion berspesifikasi 50V,40Ah dengan waktu charging 1,5 jam sampai 3 jam. Dalam kondisi terisi penuh bisa dipakai berjalan sejauh 80-100 km dan diklaim tembus 100 km/jam. Teknologi penggerak motor listrik juga sudah memiliki regenerative brake, saat deselerasi otomatis motor listik akan melakukan pengisian baterai.

Data Spesifikasi GESITS
Sasis : Tubular
Panjang : 1.910 mm
Lebar : 695 mm
Tinggi : 1.110 mm
Motor listrik : 5 KW
Baterai : 50 V, 40 AH
Jenis baterai : Lithium Ion
Lama charging : 1,5 - 3 jam
Jarak Tempuh : 85 – 100 km
Kapasitas angkut : 150 kg
Max speed : 110 km/jam
Konsumsi energi : 50 km/kwh
Pemindah daya : Belt
Berat total : 120 kg

Data Spesifikasi Terra a4000i
Sasis : Tubular
Panjang : 1.793 mm
Lebar : 750 mm
Tinggi : 1.275 mm
Motor listrik : 1 KW
Baterai : 50 V, 40 AH
Jenis baterai : Lithium
Lama charging : 4,5 jam
Jarak Tempuh : 60 km
Max speed : 60 km/jam
Berat total : 118 kg
Kapasitas angkut : 2 orang

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa