Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sejarah Singkat TRD pada Mobil Toyota

Bagja - Selasa, 17 Mei 2016 | 12:14 WIB

Jakarta - Toyota Racing Development (TRD) mungkin nama yang sudah tidak asing bagi kita. Namun, bagaimana sejarahnya dan apa saja 'keluarga' TRD?

Dilansir dari situs resmi Toyota, TRD dikembangkan oleh Toyota Technocraft Co. Ltd. Toyota memegang lisensi penuh dan juga merupakan produsen dari suku cadang serta aksesoris TRD sendiri. 

Awalnya, TRD mengembangkan dan juga memasarkan suku cadang khusus untuk mobil balap. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, TRD juga mulai fokus pada suku cadang dan akessoris khusus untuk mobil versi standar keluaran Toyota.

TRD pertama kali digunakan di dunia balap pada tahun 1965, beberapa tahun setelah Toyota memutuskan untuk memeriahkan Australian Rally di tahun 1967. Australian Rally ini menjadi salah satu event yang menantang pertama di luar Jepang bagi produsen-produsen mobil di Jepang saat itu. 

Setelah itu, TRD secara resmi diluncurkan dan kemudian terlibat dalam seluruh kegiatan motor sport Toyota. TRD juga telah berkontribusi dalam kelahiran Toyota 2000 GT demi menciptakan rekor baru untuk “Speed Trail”. 

Toyota 2000 GT lalu ditampilkan perdana di Monte Carlo Rally dengan mendemonstrasikan teknologi tertinggi. Hingga kemudian pada tahun 1976, TRD menjadi registered trademark dan menjadi satu kesatuan dengan Toyota. 

TRD pun kini telah dibagi menjadi dua yakni TRD USA dan TRD Japan. Untuk TRD USA bertanggung jawab mempersiapkan mesin NASCAR untuk Toyota dan juga produk aksesoris TRD untuk lini Toyota. 

Sedangkan untuk lini bisnis TRD Japan ada dua yakni Gazoo Racing dan TRD Sportivo. TRD Gazoo Racing ini memiliki tugas untuk menangani segala aktifitas olahraga bermotor milik Toyota. 

Sedangkan TRD Sportivo yang merupakan produk asli Toyota yang dikembangkan oleh TRD dengan Toyota Motor Corporation (TMC), yang khusus diproduksi untuk para pelanggan biasa yang ingin sentuhan dengan gaya sporty pada kendaraan mereka.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa