Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bedah Virtual Cockpit Audi Q7 Masa Depan

Parwata - Selasa, 31 Mei 2016 | 13:13 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Masa depan sudah hadir saat ini

Bukan hanya layar TFT kecil di antara spidometer, keseluruhan instrument cluster sudah diisi layar digital

Jakarta - Berpuluh-puluh tahun lamanya, jarum analog selalu digunakan sebagai petunjuk kecepatan dan putaran mesin. 

Namun kini, sebuah instrument cluster dibuat full digital dan tidak hanya berfungsi menunjukkan fungsi utama dari sistem kendaraan.

Dinamakan ‘Virtual Cockpit’. Layar ini menggantikan fungsi spidometer konvensional dengan meletakkan hampir semua informasi kendaraan.

Saat ini, baru Audi Q7 dan TT di Indonesia yang menggunakannya.

Namun pengoperasiannya tidaklah mudah. Mempelajari sistem canggih yang ditenagai nVidia Tegra, seperti komputer anyar ini dalam waktu beberapa menit, akan terlihat mustahil. Karena itu, OTOMOTIF akan membahas detail fungsi layar 12,3 inci TFT LCD ini. • (otomotifnet.com/Sano)

Classic & Extended View

Disebut Classic atau Reduced View, mode ini merupakan tampilan default yang menirukan tampilan dari intrument cluster normal.

Menampilkan spidometer dan takometer raksasa dan dibuat ala 3D, mode ini dibuat supaya pengemudi fokus terhadap kecepatan dan putaran mesin, sama seperti fungsi konvensionalnya.

No caption
No credit
No caption
Classic & Extended View

Desainnya juga dibuat mirip Semi Virtual Cockpit, dengan info tambahan di tengah kedua bulatannya.

Untuk memindahkan ke Extended View, cukup tekan tombol VIEW. Virtual Cockpit akan mengecilkan spidometer dan takometer, menampilan info-info tambahan tergantung tab yang sedang dipilih.

Misal sedang di tab On Board Computer, akan muncul tambahan gambar mobil dan temperaturnya, serta beberapa info tambahan.

erada di tab Navigation akan membesarkan gambar peta hingga memenuhi Virtual Cockpit.

No caption
No credit
No caption
Classic & Extended View

On Board Computer

By default, On Board Computer (OBC) adalah tab paling kiri yang bisa dipilih di Virtual Cockpit.

Pada Classic View, yang ditampilkan di tengah spidometer bisa dipilih dari Short Term Memory (konsumsi rata-rata, kecepatan rata-rata, jarak yang sudah ditempuh sejak mobil dinyalakan, total jam berkendara),

Long Term Memory, Driver Assistance dan kalendar. Masuk ke Extended View, akan menampilkan konsumsi real time pojok kiri dan gambar status mobil beserta temperaturnya di kanan.

Tombol Control kanan juga bisa digunakan untuk memilih display tambahan di pojok kiri tadi, seperti konsumsi rata-rata, kecepatan rata-rata dan info lainnya.

No caption
No credit
No caption
On Board Computer

Media & Connectivity

Tab Media ada di sebelah kanan OBC, diakses menggunakan tombol panah kanan yang akan ditampilkan di Classic dan Extended View adalah media yang sedang diputar.

Thumbwheel dapat digunakan untuk memilih lagu. Tombol Control kiri dapat diakses untuk memilih media yang dimainkan, seperti DVD, iPod atau apapun yang tersedia, sedang Control kanan dapat mengaktifkan informasi tambahan dari media yang sedang dimainkan.

No caption
No credit
No caption
Media & Connectivity

Tab Connectivity ada di deretan ketiga dan hanya bisa menampilkan data ketika tersambung ke smartphone via Bluetooth.

Data yang dapat ditunjukkan dan dipilih dari tombol Control kiri adalah Call List dengan history menelepon, Favorites untuk kontak yang sudah diset dan Directory untuk daftar kontak lengkap.

Navigation

Berada di paling kanan, tab Navigation jadi yang paling menarik perhatian dari Virtual Cockpit. Classic View akan menampilkan sebagian kecil map di antara spidometer dan takometer, namun ketika masuk Extended View, layar 12,3 incinya akan menampilkan peta dengan resolusi tinggi.

Navigation

Menekan tombol Control kiri akan memunculkan opsi untuk menampilkan peta, destinasi terakhir atau destinasi favorit yang sudah diset terlebih dahulu.

Sedangkan tombol Control kanan digunakan untuk memilih informasi apa saja yang ingin ditampilkan di Extended View tab Navigation ini, mulai dari jenis map 2D, 3D, Overview Map, Destination Map dan masih banyak lagi.

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa