Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fakta Menarik Honda WR-V, Calon Mobil ke-8 Dari Platform Honda Jazz

Bagja - Jumat, 3 Juni 2016 | 18:20 WIB

Jakarta - Honda sedang ramai dikabarkan mengembangkan crossover terbaru, lebih kompak dari Honda BR-V dan Honda HR-V, yang akan dinamakan Honda WR-V. Ada fakta menarik kalau nantinya mobil ini jadi dipasarkan.

Menggunakan platform yang sama dengan Honda Jazz, bahkan secara desain tak beda jauh dari Honda Jazz, maka Honda WR-V akan jadi mobil ke-8 dari platform ajaib global small car Honda.

Terhitung, mobil-mobil yang menggunakan platform yang sama dimulai dari Honda Jazz sendiri, kemudian Honda City, Honda Freed, Honda Brio, Honda Mobilio, Honda HR-V, Honda BR-V dan terakhir Honda WR-V yang sedang digarap ini.

Baca juga: Honda BR-V jadi Model Ketujuh Dari Platform Honda Jazz

Penggunaan satu platform yang sama untuk banyak model tentu saja sangat menguntungkan Honda. Selain biaya produksi jauh lebih murah, juga proses penciptaan model baru yang tidak memakan waktu yang lama.

"Ini merupakan salah satu yang paling cerdas dari Honda menurut saya. Dengan begitu juga Honda bisa maju. Cost jadi murah, sehingga budgetnya bisa kita alihkan ke biaya service Honda yang jadi lebih murah, semacam subsidi silang," komentar Direktur Marketing dan Aftersales Service Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy.

Honda WR-V sendiri akan diposisikan dibawah Honda HR-V, mungkin setara dengan Honda BR-V, tapi dengan daya tampung hanya lima penumpang. Ditujukan untuk negara berkembang, artinya termasuk Indonesia dong!

Saat ini mobil berkode '2FM' ini sudah diuji jalan. Tampangnya mirip dengan Honda Jazz, tapi seolah menggunakan jaket yang lebih kasar, khas mobil-mobil crossover. Wheelbase akan seukuran 2,60 meter.

Menariknya lagi, mesin yang digunakan juga akan sama dengan Honda Jazz. Mesin yang juga sudah digunakan pada enam model yang sama-sama menggunakan platform Honda Jazz.

Sehingga, bakal ada tujuh mobil yang pakai mesin sama dengan Honda Jazz, mulai dari Honda Honda Jazz, Honda City, Honda Freed, Honda Mobilio, juga Honda HR-V, Honda BR-V dan Honda WR-V ini.

Baca juga: Catatan Khusus Honda BR-V di Indonesia untuk Menjadi Bintang Baru

Kalau nantinya benar masuk ke Indonesia, maka Honda WR-V bisa bersama-sama Honda HR-V untuk mengeroyok Toyota C-HR yang dikabarkan juga akan hadir di Indonesia tahun depan. 

Honda WR-V juga akan jadi crossover ketiga yang dipasarkan Honda di Indonesia, setelah Honda HR-V dan Honda BR-V.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa