Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Teknologi i-get, Italian Green Experience Technology Pada Vespa dan Piaggio

Sabtu, 2 Juli 2016 | 15:06 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Skutik baru Vespa Sprint 150 3V i-get & Primavera 150 3V i-get juga Piaggio Liberty 150 ABS dan Medley dibekali dengan teknologi i-get. Kependekan dari ‘Italian Green Experience Technology’. Apaan tuh?

“i-get membuat sepeda motor jadi lebih hemat bahan bakar, ramah lingkungan tapi tetap memiliki performa yang baik,” buka Marco Noto La Diega, Managing Director PT Piaggio Indonesia (PID). Konsep ini direalisasikan lewat beragam penyempurnaan.

No caption
No credit
No caption
Ini mesin i-get 150 cc, perubahan menyeluruh mulai dari injeksi, crankshaft sampai ke transmisi

Pada mesin, kedepannya semua line up Piaggio dan Vespa akan mengusung teknologi ini. Sebagai tahap awal, empat model terbaru yang dirilis bersamaan sudah dilabeli i-get. “Basiknya masih menggunakan mesin 3V, tapi dengan berbagai pengembangan terbaru,” jelas Yudi Riswanto, Technical Trainer Manager PT PID.

Pembakaran disempurnakan lewat injeksi dengan input data yang lebih baik. Sistem close loop-nya kini menggunakan O2 sensor dari Bosch dan ada tambahan barometric sensor. “Fungsinya memberikan data lebih detail tentang temperatur dan kondisi lingkungan lainnya di sekitar mesin,” jelasnya.

“Kemudian injektornya punya semprotan luar biasa halus,” tutur pria yang akrab disapa Yudi ini. Di ruang bakar, piston digerakan oleh crankshaft yang didesain untuk mendapatkan performa yang lebih minim getaran dan mengurangi noise.

“Yang lama menyerupai segitiga, sekarang sekilas seperti bulat tapi tidak benar-benar bulat. Mampu menerima gaya inersia dengan lebih baik, getaran jadi lebih kecil. Versi sebelumnya bukan tidak ada kelebihannya, tapi kami mengubah desain untuk memperoleh hasil ‘green’ sesuai konsep i-get,” jelasnya panjang lebar.

Desain knalpotnya juga berubah, suaranya pun makin halus. Pada Piaggio Liberty terbaru silencer-nya lebih panjang wajar jika makin senyap. Catalytic converter sesuai standarisasi Euro 3 juga terpasang rapi di dalamnya.

Knalpot juga dirancang ulang lebih ramah lingkungan dan enggak berisik

Oiya, area transmisi juga dibenahi. Kampas kopling dan rumahnya dirancang ulang. “Di bagian dalam driven pully-nya juga ada penambahan alur untuk pelumas,” bebernya sambil meyakinkan jika getaran pada transmisi Vespa dan Piaggio ini sudah berkurang.

“Tapi untuk menghasilkan performa sesuai konsep i-get bukan cuma mesin yang didevelop, bagian lain juga. Misalnya pada Liberty, peleknya lebih ringan dengan material lebih kuat. Begitu juga dengan komponen lainnya,” tambah Adi Tristianto, Sales Training & Homologation Manager PT PID.

Lalu? Ayo rasakan bedanya! (otomotifnet.com / Popo)

 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa