Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MPV World 2016: New Mazda VX-1, Mesinnya Responsif tapi Irit

Antonius Yuliyanto - Senin, 11 Juli 2016 | 08:22 WIB

Jakarta - Salah satu peserta MPV World 2016 adalah New Mazda VX-1 R Metro MT, salah satu keunggulannya ada di mesin yang digunakan. Mengusung mesin K14B, sama dengan kembarannya Suzuki Ertiga, yang punya performa sangat mumpuni untuk dalam kota apalagi luar kota.

Mesin K14B ini punya kapasitas murni 1.373 cc, didapat dari bore x stroke 73 x 82 mm. Melihat dari konstruksinya yang overstroke, stroke lebih panjang dari diameter pistonnya, langsung terlihat jika karakternya punya torsi besar sejak putaran rendah. Maksimalnya mencapai 130 Nm di putaran mesin 4.000 rpm. Dengan spek demikian, VX-1 ini menawarkan mesin yang responsif tanpa perlu buka gas dalam-dalam.

Karakter overstroke dipadu juga dengan teknologi VVT (Variable Valve Timing), yang akan menggeser waktu buka tutup kem DOHC pada 16 katupnya pada kondisi paling optimal, sehingga dihasilkan torsi besar di putaran rendah, namun tenaga juga besar di putaran atas, maksimalnya 94 PS di 6.000 rpm.

Mesin K14B ini juga dibekali teknologi drive by wire, pedal gas enggak lagi pakai kabel mekanis, namun digantikan potensiometer. Efeknya tentu saja bukaan TPS di throttle body selalu pas, enggak berlebihan kendati gas dibuka spontan. Hasilnya akselerasi tetap smooth yang membuat penumpang lebih nyaman sekaligus tetap irit.

Mesin berkonfigurasi 4 silinder segaris ini punya rasio kompresi 10:1, yang tentu saja masih bisa menenggak Pertalite yang beroktan 90, atau lebih baik Pertamax dengan oktan 92.

Tenaga yang dihasilkan disalurkan ke transmisi manual 5 percepatan. Oh ya pedal koplingnya empuk dan penyaluran tenaganya halus. Semoga enggak bikin pegal saat di kemacetan nih!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa