Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bedah MID All New Hyundai Tucson, Banyak Fitur Tersembunyi

Parwata - Senin, 18 Juli 2016 | 07:53 WIB

Jakarta - Sejak premiere-nya di Geneva Motor Show 2015 lalu, kehadiran Tucson generasi ketiga ini selalu ditunggu, terutama fitur canggih seperti hands free liftgate. Meski versi yang diboyong ke Indonesia minim fitur, namun Fitur MID atau Multi Information Display yang dihadirkan cukup menarik.

Masih dalam tampilan monokrom 3,5 inci non TFT, MID ini menyimpan banyak fitur tersembunyi yang baru bisa dijajal setelah OTOMOTIF mengetesnya. Untuk mengoperasikannya, cukup menggunakan dua tombol yang ada di sisi kanan bawah setir. Berikut sejumlah fitur-fiturnya: (otomotifnet.com) / Sano

Auto Door Lock

Absen di kakak besarnya, bahkan di sedan mewah Sonata, fitur untuk mengunci pintu secara otomatis ternyata bersembunyi di pengaturan MID. Mengaksesnya cukup mudah, cukup masuk ke fitur Auto Door Lock (Settings > Door > Auto Door Lock).

Bagaimana pintu terkunci pun dapat dipilih, misalnya pilih “Enable on Speed” akan otomatis mengunci saat kecepatan sudah mencapai 20 km/jam, sedangkan “Enable on Shift” akan mengunci saat transmisi digeser dari P. Bahkan opsi Auto Unlock juga disuguhkan, dengan 3 pilihan yaitu “On Key Out”, “Driver Door Unlock” dan “On Shift to P”.
 
One Touch Signal    

Fitur ini sangat memudahkan ketika sedang bermanuver, karena cukup menyentuh halus tuas sein dan lampu akan berkedip 3 kali. Namun di MID, ternyata setting ini bisa diganti maupun dimatikan.

Caranya, cukup akses menu One Touch Turn Signal (Settings > Lights > One Touch Turn Signal), maka akan terdapat pilihan “Off” untuk mematikan dan tiga pilihan lainnya “3 Flashes”, “5 Flashes” dan “7 Flashes”.
 
Auto Rear Wiper
    
Ini yang cukup unik dari All New Tucson. Sudah dilengkapi kamera parkir yang bisa dilihat di spion tengah, namun pengemudi dipastikan tetap dapat visibilitas, bahkan saat hujan dengan mengaktifkan fitur ini dari MID.

Untuk mengaksesnya, aktifkan Auto Rear Wiper (Settings > Other Features > Auto Rear Wiper), maka wiper belakang akan otomatis menyala ketika tuas transmisi dimasukkan ke R, dengan catatan posisi wiper utama juga sedang diaktifkan.
 
Head Lamp Delay
    
Fitur ini berfungsi seperti follow me home. Cara kerjanya adalah bila diaktifkan, lampu Xenon utama akan tetap menyala selama sekitar 20 detik setelah mesin dimatikan, dengan catatan tuas lampu dalam posisi menyala.

Untuk mengaktifkannya, cukup aktifkan Head Lamp Delay di Settings, kemudian masuk ke Lights dan centang pilihan Head Lamp Delay.
 
Align Steering Wheel

Fitur ini sempat kami jumpai di Santa Fe 2016 Edition. Cara kerjanya juga tergolong unik dan jarang dijumpai di mobil lain. Bila diaktifkan, pengemudi akan diingatkan via notifikasi di MID bertuliskan “Align Steering Wheel” setiap kali menyalakan mobil dalam keadaan ban tidak lurus.

Untuk menyalakan fitur ini, cukup aktifkan fitur “Steering Position” yang bisa diakses di Settings, kemudian masuk ke Other Features, lalu centang pilihan Steering Position.

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa