Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Servis Honda PCX 150, Oli Pakai Full Sintetik SPX2

Kamis, 14 Juli 2016 | 21:34 WIB

Jakarta - Versi terbaru Honda PCX 150 ini bukan dari Thailand lho, tapi impor dari Vietnam. Secara spesifikasi tak jauh berbeda, mesinnya 150 cc eSP dengan sistem injeksi bahan bakar dan punya idling stop system (ISS).

Agar skutik built up ini tetap prima, ayuk mampir untuk servis berkala. Agenda servis berkala dari pabrikan ditetapkan tiap kelipatan 4.000 km.

“Namun kita rekomendasikan untuk rutin melakukan penggantian oli tiap 2.000 km, terutama untuk yang dipakai rutin jalan jauh dan macet. Agar kualitas pelumasan tetap baik,” buka Timbul Suwardi, kepala mekanik di AHASS Wahana, Gunung Sahari.

Nah olinya juga direkomendasikan pakai tipe SPX2 yang sudah full sintetik, “Oli untuk PCX ini disarankan pakai tipe SPX2, visikositasnya sama dengan MPX2 yaitu 10W-30, namun untuk SPX2 sudah full sintetik,” lanjut pria ramah ini.

Filter udaranya tipe kertas yang dilapisi oli jadi tidak boleh dibersihkan apalagi dicuci. “Jadwal penggantian filter udara maksimal 16.000 km. Jika motor sudah terasa boros dan tarikannya berat, ini berarti filter harus segera diganti,” wanti Timbul.

Busi juga ikut dicek, umur pakainya maksimal 8.000 km. Jika belum mencapai cukup bersihkan dan setel gapnya. “Kerenggangan klep juga harus diperhatikan. 0,15 mm untuk klep in dan 0,25 mm untuk klep ex. Namun jika tidak ada gejala mesin berisik sebaiknya tidak perlu disetel.

“Selanjutnya semprot throttle body menggunakan carbon cleaner, terakhir cek kinerja sistem injeksi, pastikan sensor bekerja normal menggunakan HiDS-Injection Diagnostic Tool (HiDS),” Sahut Heryandi, salah satu mekanik di sana.

Ditutup dengan membersihkan komponen-komponen CVT. Sebaiknya bersihkan CVT berbarengan dengan jadwal servis berkala.

“Semisal tidak ada keluhan cukup disemprot saja menggunakan angin untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Tapi jika ada gejala ‘gredek’ sebaiknya dibersihkan dengan melepas semua bagian CVT kemudian akan diberi grease di beberapa bagian,” tutup Timbul yang workshop-nya ada di Jl. Gunung Sahari no 32, Kemayoran, Jakarta Pusat. Yuk bersih-bersih! • (otomotifnet.com / Fariz)

Daftar Harga:
Servis lengkap Rp 200.000
Busi Rp 17.500
Filter udara Rp 45.000
Oli mesin SPX2 Rp 47.500
Kampas rem depan Rp 282.000
Kampas rem belakang Rp 241.000
Servis CVT tanpa bongkar Rp 35.000
Servis CVT Bongkar Rp 70.000

Daftar Pemeriksaan:
Periksa saluran bahan bakar
Periksa cara kerja gas tangan
Periksa cara kerja kunci rem
Periksa baterai
Periksa sistem pendingin
Bersihkan pernapasan bak mesin
Bersihkan saringan kasa oli mesin
Periksa putaran stasioner mesin
Periksa minyak rem
Periksa keausan kampas rem
Periksa sistem rem
Periksa switch lampu
Periksa arah sinar lampu lampu depan
Periksa standar samping
Periksa suspensi
Periksa mur, baut, pengencang
Periksa roda/ban
Periksa bearing kepala kemudi
Ahass Wahana Gunung Sahari 021-6281700

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa