Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha Scorpio Z 2005, Hemat Tapi Keren

Sabtu, 30 Juli 2016 | 10:22 WIB
No caption
No credit
No caption

Bisa karena kaki-kaki kebanyakan pakai barang aftermarket dan custom, bukan limbah moge

Purwokerto - Memperhatikan Yamaha Scorpio Z ini, terlihat mengalami rombakan drastis, tampangnya berubah total dan terlihat garang khas street fighter. Meski demikian, ternyata biaya yang dikeluarkan tergolong minim.

“Ini modifikasi paket hemat, tapi hasilnya enggak malu-maluin kan?” buka Suripto, modifikator dari Ripto Custom Bike (RCB). “Untuk modifikasi bodi dan kaki-kaki minus ngecat cuma habis sekitar Rp 10 juta,” lanjut Kang Ripto, demikian sapaan akrab modifikator dari kota mendoan alias Purwokerto ini.

Kenapa bisa begitu? “Bisa karena kaki-kaki kebanyakan pakai barang aftermarket dan custom, bukan limbah moge. Sedang bodi tentu saja custom pakai fiberglass,” imbuh Kang Ripto yang bermarkas di Desa Kutaliman RT 02/01 Kec. Kedung Banteng, Purwokerto.

Salah satu titik yang bikin motor Dedi Sono dari Gombong, Jawa Tengah ini tampak kekar adalah pemakaian upside down besar, biar terjangkau pakai produk Ride It untuk Kawasaki Ninja 250.

“Cuma sekitar Rp 3,7 juta, bandingkan dengan limbah moge yang puluhan juta, hehee,” kekeh Kang Ripto. Kembali hemat lantaran lengan ayun custom, berbahan besi kotak berukuran 8 x 6 cm, “Itu juga Dedi bawa bahan sendiri,” ujarnya. Wah makin hemat ya!

Kemudian pelek juga pakai produk aftermarket, ditebus hanya sekitar Rp 2,5 juta. Sedang bodi tentu saja custom hasil kerajinan tangan Kang Ripto. “Tangki tetap standarnya namun dikondom, cukup menghemat itu dibanding bikin baru,” terangnya dengan logat ngapak khas daerah Banyumas.

Agar tampak kekar, kondom tangki disandingkan dengan shroud gondrong, yang juga jadi tempat lampu sein. Dan biar tampak padat enggak melompong, di antara atau di depan mesin dipasang radiator.

Belakang dibikin bodi baru dengan jok berundak, di bawahnya ngumpet dua silencer custom yang bikin padat kolong. Terakhir pewarnaan diserahkan pada Lutfi dari Toekang Cet juga di Purwokerto, Dedi memilih warna biru dengan grafis putih. keren juga ya kendati hemat! • (otomotifnet.com / Aant)

Plus: Bodi custom tak ada yang menyamai
Minus: Spion kurang satu nih, lengkapi dong 

Data Modifikasi:
Upside down: Ride It
Pelek: Delkevik 3.50 x 17 & 6.00 x 17
Ban: Michelin 120/70-17 & Pirelli 180/55-17
Cakram: MVF
Kaliper: Brembo
Lampu depan: Byson custom projector
Sein: Honda Revo
Stop lamp: Honda New Mega Pro
Spidometer: Suzuki Satria F150
Swing arm: custom
Knalpot: custom
Ripto Custom Bike : 08164289149

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa