Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penyebab Kerusakan Stoplamp, Mati Sampai Meleleh

Minggu, 18 September 2016 | 13:31 WIB
Penyebab Kerusakan Stoplamp
Sigit/otomotifnet
Penyebab Kerusakan Stoplamp

Otomotifnet.com - Paling ngeselin jika motor didepan ngerem mendadak tanpa kasih kode karena stoplamp-nya mati. Kalau enggak waspada bisa ketabrak tuh! Ternyata stoplamp mati punya banyak penyebab selain usia pakai yang sudah uzur. Apa saja sih penyebab kerusakan stoplamp?

“Paling sering karena kebiasaan buruk meletakan jari atau ujung kaki di tuas rem. Secara enggak sadar lampu rem terus menyala kemudian panas dan akhirnya lebih cepat putus ketimbang usia wajarnya.Bahkan sampai membuat rumah stoplamp meleleh,” jelas Idham Adi, Kepala Mekanik Bengkel Resmi Yamaha Wira, Ciputat, Tangsel.

Perhatikan juga spesifikasi lampunya, jangan pasang lebih besar dari standar karena kemungkinan menimbulkan panas yang berlebih.

“Pernah pasang lampu yang spesifikasi watt-nya lebih besar dari standar, eh lampunya putus dan reflektor meleleh,” kekeh Imron,pengguna Yamaha X-Ride.

“Kalau sampai meleleh enggak hanya perkara jari berada di tuas rem, tapi biasanya terjadi karena posisi bohlam yang tidak terkunci sempurna lalu kendur karena getaran. Bohlamnya jadi keluar dudukannya kemudian menempel pada plastik di rumah lampu, lama-kelamaan jadi meleleh,” analisa Ramahdi, mekanik AHASS Honda Wahana Ciputat,Tangsel.

Contohnya seperti pada Honda Vario yang fotonya ada di artikel ini,malah sampai tembus keluar hehe.. Kalau sudah begitu, harus ganti rumah lampunya deh.

Contohnya untuk harga tail assy untuk Honda Vario 125 dan 150 dijual Rp 195ribu di semua bengkel resmi Honda. Jadi, perhatikan kebiasaan berkendara dan spesifikasi lampu. Jangan sampai lupa ya!• (Sigit / otomotifnet.com)


Stoplamp leleh dan tembus seperti ini, jangan sampai ya!

Hindari kebiasaan tangan menekan tuas rem terus menerus, lampu jadi panas

Saat memasang lampu pastikan sudah pas dengan dudukannya, jangan sampai lepas

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa