Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Rilis Teaser YZF-R6 Terbaru, Desainnya Bakal Seperti R1M?

Dimas Pradopo - Senin, 19 September 2016 | 15:14 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Dalam video bertajuk R World, Yamaha USA menampilkan penampakan generasi terbaru YZF-R6 dalam durasi 32 detik. Namun siapapun yang melihat teaser ini pasti bakal dibuat kecewa. Pasalnya, video ini hampir tidak memberikan informasi apa-apa bagi para fans R6 dan penontonnya, kecuali suara raungan mesin DOHC berkapasitas 600 cc 4 silinder yang sedang digeber oleh seorang rider di lintasan sirkuit.

Kami menyebut hal ini sebagai strategi komunikasi yang kurang berkesan, apalagi bila dibandingkan dengan strategi Honda dengan New Fireblade-nya. Lepas dari itu, ini merupakan kabar baik karena tak lama lagi sang supersport akan diperkenalkan ke publik dengan desain dan fitur yang lebih fresh setelah 10 tahun bertahan dengan tampang dan teknologi jadulnya.

Kabarnya, YZF-R6 versi 2017 akan mencomot model YZF-R1 sebagai basis desainnya. Berdasarkan bocoran renderan yang tersebar di dunia maya, YZF-R6 nantinya akan menggunakan dua lampu utama bulat kecil yang mengapit lubang udara di tengahnya. Di atasnya, ada semacam lampu DRL (Day Running Light) yang memanjang seperti alis.

Beralih ke bagian wadah bahan bakar, tangki dibuat semakin besar dengan garis-garis mirip insang Hiu. Sedang sektor buritan berubah menjadi gaya "egois" dengan model jok single seat. Swing arm pun diperkirakan bakal sama persis dengan milik sang kakak.

Dari sektor mesin sepertinya tidak ada perubahan. Namun, diperkirakan YZF-R6 versi 2017 akan datang dengan sejumlah perangkat elektronik yang lebih mumpuni seperti multi-level traction control, wheelie mitigation, ABS dan kemungkinan opsi semi-active suspensions. Meski masih menggunakan mesin yang sama, letupan tenaga diprediksi meningkat dari 123 hp menjadi 130 hp.

Penasaran? New YZF-R6 kabarnya akan di-launching secara resmi pada ajang Intermot 2016 yang berlangsung di Cologne, Jerman, awal Oktober nanti. Mari kita tunggu saja! (otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa