Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Toyota Corolla DX 1983, Tak Pakai KW Bebas Berabe

Parwata - Selasa, 27 September 2016 | 13:43 WIB

Bukan masalah harga, tapi lebih kepada kenyamanan dan keamanan saat dipakai

Jakarta - Semua hal bisa terjadi saat mengikuti sprint reli, sebaik apapun persiapan. Salah satunya mungkin karena penggunaan spare part. Meski hanya sebuah Toyota Corolla DX keluaran 1983, tapi Puguh Wirawan, sang pemilik enggan tanggung membangunnya.

Bengkel Gudspid Sport yang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta No.301A, Bandung dipercaya untuk membangun ulang. “Cuma satu yang pak Puguh minta. Barang jangan ada yang KW. Selain lebih enak, kalau pakai barang KW bisa berabe nantinya,” ucap Deni Danismar, pemilik bengkel.

Sementara itu, Puguh sendiri memang tak suka barang KW. “Pakai barang yang benar saja terkadang ada masalah, apalagi KW. Jadi kalau untuk balap sebisa mungkin kita hindari dari hal-hal yang tidak penting tersebut,” ucap Puguh. Hal yang paling terlihat pada sistem suspensi yang dipakai. Memang belum pakai yang merek ternama, tapi menurut Ugun, sapaan akrab pebengkel sudah cukup mumpuni. Bagian depan pakai Bilstein yang sudah coilover. Sementara belakang mengandalkan sistem nitro adjustable yang memiliki setelan 8 step. Sedangkan untuk per cukup custom.

Sistem penggerak belakang juga diganti. Standar DX tak lagi dipakai, ganti kepunyaan Mitsubishi 120SS yang sudah ada limited slip differential (LSD)-nya. Selain dipercaya lebih kuat, pilihan final gear juga cukup banyak sehingga tak menyulitkan.   Sementara itu, bagian kabin juga semua menggunakan merek yang sudah terkenal di motorsport. Jok driver dan co-driver dipilih Sparco tipe Evo 2 berbahan karbon Kevlar. Sementara itu, pengikatnya keluaran Willans dari Inggris.

Penggunaan rem tangan hidrolis juga bukan akal-akalan, tapi mengandalkan keluaran Alcon. Sehingga rem belakang lebih pakem. Keuntungan lain jika tidak menggunakan barang-barang KW, yakni saat akan menjual kembali. Bisa mendapatkan nilai lebih karena memang barang yang dipakai berkualitas. * toncil/otomotifnet.com

Data Modifikasi:
Mesin: Toyota 4A-GE, 16 klep, 1.600 cc
Lampu: Cibie
Antena: Majolca
Pelek: Enkei Rally
Ban: Delium 175/65R14
Short shift: TRD

Plus:
1. Kental nuansa retro
2. Keseluruhan mobil tampil sangat rapi
Minus:
Bukan merupakan varian asli Toyota Corolla DX GT

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa