Substitusi Filter Udara Honda PCX, Ada Ori Dan Aftermarket

Jumat, 9 Desember 2016 | 08:34 WIB
Filter Udara Honda PCX
Sigit/otomotifnet
Filter Udara Honda PCX

Jakarta - Skutik premium Honda ini didatangkan dari Thailand dan yang terakhir masuk ke Indonesia dari Vietnam. Karena produk impor, spare part-nya juga impor dong.

Nah, ini jadi masalah buat pemilik Honda PCX baik yang 125 maupun 150 ketika hendak lakukan penggantian filter udara.

Meski tergolong komponen medium moving, keberadaan Filter Udara Honda PCX kerap sulit dilacak.

Apalagi materialnya adalah kertas dengan elemen oli, enggak bisa dibersihkan ketika sudah kotor, harus langsung ganti. Namun tenang, masih ada subtitusinya.

“Untuk PCX 150 bisa menggunakan filter udara kepunyaan Honda Vario 125 dan 150 eSP,” jelas Anang Jauhari selaku Service Advisor AHASS Wahana Honda Ciputat di Tangerang Selatan.

Harganya juga terjangkau, cuma Rp 52 ribu saja. “Tapi sayang untuk Honda PCX 125 filter udaranya beda sendiri,” sambungnya.

Jika tersedia, filter udara standar PCX 125 harganya Rp 90 ribuan. Lalu kalau enggak ada, solusinya?

Tenang comot komponen aftermarket saja. Ada dua merek yang bisa dipilih. Pertama adalah Ferrox, materialnya terbuat dari stainless steel sehingga bisa dibersihkan bahkan dicuci dan enggak perlu repot untuk gonta-ganti lagi. Ferrox yang bermarkas di MGK, Kemayoran, Jakpus membanderol filter udara PCX ini seharga Rp 350 ribuan.

Yang lainnya adalah merek GP Racing Filter yang ditawarkan Afandi Motor Sport (Afmos) dengan harga Rp 200 ribu. Produknya ini diklaim terbuat dari stainless yang dikombinasi dengan cotton sehingga udara yang masuk bisa jadi lebih plong dan tetap bisa dibersihkan.

“Untuk memasangnya tetap menggunakan filter udara PCX yang dipotong bagian filternya dan kemudian diganti dengan filter GP Racing Filter,” beber Afandi pemilik Afmos yang bengkelnya ada di Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jaksel. So, silahkan pilih, cari ori atau aftermarket? • (Sigit / otomotifnet.com)

Ferrox : 081219121964
Afmos : 087880081119 


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa