Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih Cara Luncurkan Porsche 911 Carrera ke 100 km/jam Dalam 4 Detik!

Fransiscus Rosano - Jumat, 2 Desember 2016 | 13:32 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Tidak setiap hari kami bisa mengendarai sebuah sports car ikonik seperti Porsche 911. Lebih lagi, bisa langsung meluncurkan 911 Carrera ke 100 km/jam dalam 4 detik saja jadi kesempatan yang tidak ingin Otomotifnet sia-siakan.

Nah, bagaimana caranya?

Bagi yang belum familiar, 911 Carrera merupakan varian entry level dari jajaran sports car ikoniknya tersebut. Di atasnya ada 911 Carrera S, 911 Carrera 4S, 911 Carrera GTS dan kemudian masuk ke jajaran 911 Turbo seperti 911 Turbo S dan 911 Turbo GT3 RS.

Namun meski menjadi varian yang ‘paling cupu’, bukan berarti 911 Carrera ini bisa dibilang pelan. Buktinya, waktu yang dibutuhkan dari 0-100 km/jam saja lebih cepat dibanding BMW M2.

Meski bertenaga besar dengan mesin 6-silinder segaris 3.0 liter bertenaga 370 dk dan torsi 449 Nm, tidak sulit untuk meluncurkan 911 Carrera. Apalagi model yang kami coba dilengkapi Sport Chrono Package dengan transmisi PDK (Porsche Doppelkupplung), sehingga cukup aktifkan Launch Control untuk melakukannya.

Cara mengaktifkan Launch Control juga tergolong mudah, meski tidak berupa sebuah tombol saja seperti yang tersedia pada setiap Ferrari.

No caption
No credit
No caption
Putar kenop mode berkendara ini ke bawah hingga indikator lampu di atas S+ menyala untuk mengaktifkan mode Sport Plus

Pertama, putar kenop mode berkendara pada bagian bawah kanan setir ke Sport Plus. Masuk ke mode ini akan otomatis mengaktifkan Porsche Active Suspension Management (PASM) dan bypass knalpot yang ditandai menyalanya tombol berbentuk damper dan knalpot di konsol tengah.

Kemudian tahan tombol untuk mematikan traction control di konsol tengah hingga indikator PSM (Porsche Stability Management) mati di instrument cluster muncul. Selanjutnya, pastikan tuas transmisi PDK ada di D, bukan di M -/+.

No caption
No credit
No caption
Tombol PASM dan valvetronic knalpot akan otomatis menyala dari mode Sport Plus, mematikan traction control harus dilakukan secara manual

Dari sini, Launch Control sudah siap bekerja. Cukup injak dan tahan pedal rem, kemudian injak gas hingga 6.000 rpm dan akan muncul tulisan “Launch Control Activated” di instrument cluster. Lepas pedal rem bila sudah siap.

Porsche 911 Carrera tersebut akan langsung meluncur kilat, tanpa kehilangan traksi yang biasanya ditandai ban spin sama sekali. Luar biasa bagaimana bobot mesin di belakang sangat membantu traksi saat launch ini. Transmisi PDK juga bekerja dengan sangat cepat tanpa harus mengoperasikan paddle shift secara manual.

No caption
No credit
No caption
Indikator aktifnya launch control akan muncul setelah pedal gas diinjak hingga 6.000 rpm sambil menahan pedal rem

Menggunakan alat tes Racelogic, kami berhasil mencetak waktu 4 detik untuk mencapai 100 km/jam. Bahkan ketika menggunakan satuan MPH (miles per hour), waktu 0-60 mph dapat kami tembus dalam 3,8 detik saja.

Oh ya, sebagai catatan unit tes Porsche 911 Carrera yang kami coba ini menggunakan pelek dan ban opsi yang merupakan tipe standara dari 911 Carrera S, yaitu pelek berdiameter 20 inci dengan lebar 11,5 inci di belakang dan 8,5 inci di depan. Profil bannya adalah Pirelli P Zero 305/30ZR20 di belakang dan 245/35ZR20 di depan.

Unit tes kami menggunakan pelek dan ban standar 911 Carrera S yang lebih besar, teorinya akselerasi akan lebih cepat jika menggunakan ban dan pelek 911 Carrera yang lebih kecil

Ban ekstralebar tersebut tentunya akan memberi grip yang super kuat di lintasan balap, namun ukuran besarnya sedikit mengurangi waktu akselerasi. Dalam konfigurasi standarnya, Porsche 911 Carrera menggunakan pelek 19 inci dengan lebar yang sama, namun bannya 295/35ZR19 di belakang dan 235/40ZR 19 di depan.

Hmm, bisa lebih cepat lagi ya harusnya?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa