Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Extreme Recovery Gear Satu Saja Enggak Cukup

Parwata - Jumat, 16 Desember 2016 | 22:30 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Satu fenomena dari event ekspedisi off-road ekstrem, tidak ada istilah berlebihan untuk urusan winch! Off-road ekspedisi memang luar biasa. Maklum saja, selain medan yang super-ekstrem, beban jip pun luar biasa, lantaran harus membawa perlengkapan dan onderdil cadangan untuk bekal sekitar 2 minggu.

“Jangan heran bila bobot jip off-road ‘normal’ sekitar 2,5 ton, maka jip ekspedisi mudah saja menembus 4 ton,” ujar Agus Salim, off-roader pemakai Toyota FJ-40. Membawa beban berat sembari menembus handicap, jelas butuh winch mumpuni untuk recovery. Maka, kini jamak ditemui winch double motor. Ini beberapa di antaranya. • Fab/otomotifnet.com

No caption
No credit
No caption
Tibus

Tibus

Tibus Off-road Engineering adalah perusahaan Jerman, yang juga spesialis komponen off-road hardcore. Selain winch double motor, mereka juga membuat paket portal axle tinggal pasang, untuk Land Rover, Mercedes-Benz G-Klasse, dan Toyota Land Cruiser. Winch dua motor mereka adalah TW15000, dengan dua motor masing-masing berkekuatan 6,8 dk dan putaran 5.000 rpm. Di Indonesia Tibus sudah ada yang menggunakan, walaupun populasinya belum banyak.

Harga Tibus di German dibandrol mulai dari 3.950 Euro atau sekitar Rp 57 jutaan, belum biaya kirim ke Tanah Air.

No caption
No credit
No caption
Redwinch

Redwinch

Sama seperti Gigglepin, Redwinch juga berasal dari Inggris. Mereka juga spesialis meramu winch double motor elektrik dan membuat winch hidraulis double motor berspesifikasi kompetisi. Di IOX, Redwinch terlihat dipakai oleh salah satu anggota di tim Leopard. Harganya sekitar Rp 79 juta untuk ukuran winch XL, lengkap dengan motor dan selenoid dari Redwinch.

No caption
No credit
No caption
Jangan lupa Kelistrikan

Jangan Lupa Kelistrikan

Menggunakan dua motor elektrik, tentu kebutuhan suplai listrik meningkat pesat. Apalagi dengan beban beratnya. Maka tak sedikit yang meng-upgrade kelistrikan dengan mengadopsi alternator ganda, serta memasang atau menyediakan hingga 3 buah aki. “Bisa juga mengubah sistem kelistrikan untuk winch menjadi 24 volt,” tutur Yuri Kusweri, off-roader pemakai winch Tibus.

No caption
No credit
No caption
Gigglepin

Gigglepin

Bermarkas di Inggris, perusahaan yang mulai menggarap winch sejak 2003 ini lebih dulu terkenal di Indonesia. Aslinya spesialis urusan upgrade Land Rover, namun di sini lebih terkenal dengan paket upgrade untuk Warn 8274, dari mainshaft hingga paket double motor.

Harga dasar di Indonesia berkisar Rp 70-80an juta, yang populer adalah paket upgrade top housing, bila Anda sudah memiliki Warn 8274, tinggal tambah motor, beres. Bila beli jadi, perkiraan harganya ada di kisaran Rp 75 jutaan di luar motor (Warn 9.5XP atau BOW) dan selenoid Albright. Winch ini sudah banyak dipakai oleh para peserta IOX (Indonesia Off-road Expedition).

Miyogi4x4

Miyogi4x4

Satu ini adalah brand lokal, namun cukup terkenal di kalangan penyuka adventure. Sudah terbukti disiksa di event IOX berlangsung selama 16 hari tanpa masalah. Winch ini diproduksi oleh workshop bernama Rumah Jip yang berlokasi di daerah BSD. “Satu unit winch double motor Miyogi4x4 kita jual dengan harga sekitar Rp 30 jutaan, di luar motor winch, selenoid dan sling,” urai Yogi Yogaswara, owner Miyogi4x4.

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa