Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Datsun Go Panca 2015 Persatuan Indonesia

Jumat, 30 Desember 2016 | 14:36 WIB

Awalnya Tomi ingin bangun concept car, tapi berubah dan semuanya dikerjakan selama 1 bulan 

Jakarta - Gelar juara regional Jakarta dan Ultimate Champion di Datsun Xplore Your Style 2016, berhasil diborong oleh Datsun Go Panca milik Tomi Gunawan dari workshop Tomi Airbrush. 

“Modifikasi itu enggak hanya bagaimana mengubah tampilan. Tapi harus disertai sebuah konsep yang kuat dan matang,” papar pria yang mengawali karirnya di bidang airbrush sejak 1995 silam.

Untuk Datsun Go Panca karyanya ini, konsep ubahan ala pabrikan yang diajukan. Maksud dan tujuan dari konsep tersebut adalah kendaraan yang diubah tetap bisa dipakai harian.

“Beberapa penggantian part juga dilakukan agar bisa menjadi nilai tambah dari Go Panca yang dianggap kendaraan murah,” tegas Tomi.

Selain konsep yang kuat juga ditanamkan filosofi sila ke-3 dari Pancasila, yakni Persatuan Indonesia. Secara detail, ini yang dilakukan Tomi terhadap LCGC berjuluk PI (Persatuan Indonesia). (octa / Otomotifnnet.com)

Airbrush
Ada 5 tahap pengecatan yang dilakukan di sekujur bodi, yakni pengecatan dasar, kelir hitam, lanjut oranye, airbrush dan pernis. Dari ke-5 tahapan itu, paling menarik adalah ketika melakukan teknik airbrush.

Terdapat 2 hal yang ingin ditonjolkan oleh Tomi. Pertama adalah soal hal-hal yang berbau tradisional dari masyarakat di Tanah air dan yang berikutnya adalah sejarah Indonesia.

Detailnya, selain motif batik dari Jawa, ada gambar yang diambil dari hiasan yang ada di rumah adat Sumatera atau ukiran kayu dari Japara, Jateng. Motif kain Sumatera, Kalimantan dan lainnya juga ada.

Enggak ketinggalan juga ada gambar stupa dari Candi Borobudur serta pura di Tanah Lot. Pokoknya Bhineka Tunggal Ika.

Di bagian sejarah, Tomi menghadirkan foto dari presiden dan mantan presiden Indonesia. Start dari pintu belakang foto para presiden itu sampai kap mesin.

Gambar Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla adanya di kap mesin. Sedikit bergeser ke bawah, ada gambar burung Garuda.

“Ini sumbangsih yang bisa saya berikan sebagai modifikator buat NKRI,” bangga Tomi.
 
Kaki-Kaki
Dibanding finalis lain di Datsun Xplore Your Style 2016, Go+ Panca andalan Tomi terlihat lebih jangkung. “Ini bagian dari konsep modifikasi yang tetap bisa dipakai harian,” jelasnya.

Dengan menggunakan coilover, setingan tinggi rendahnya bisa disesuaikan kondisi jalanan di Tanah Air. “Selain itu ubahan yang dilakukan menganut aliran street racing. Makanya suspensi ini yang dipilih, bukan air sus,” papar Tomi.

Sistem pengereman menggunakan cakram berdiameter lebar dan itu dilakukan baik depan maupun belakang. Mau tahu ukurannya? Cakram depan pakai yang berdiameter 330 mm dan belakang 320 mm.

Penggunaan cakram lebar tersebut, juga jadi pemicu keputusan penggunaan pelek bergaris tengah 18 inci. Biar terlihat lebih gagah, maka dipilih yang menggunakan lebar 9,5 inci.

Eksterior
Pakai pelek 18 inci dengan lebar 9,5 inci, mau enggak mau mesti wide body. Dengan bahan fiberglass, setiap sisi bodi Go Panca dibuat melar 5 cm.

“Apa yang kita lakukan ini enggak merusak bodi aslinya. Jadi bila suatu saat ingin balik standar, tinggal copot-copot saja,” ungkapnya.

Ubahan paling ekstrem dilakukan pada bagian bumper depan. Desainnya dibuat lebih agresif, yang tentunya disesuaikan dengan aliran street racing.

 
Interior
Masuk kabin, yang dilakukan hanya upgrade. Makanya jok, safety belt ataupun kemudi sekilas terlihat seperti barang bawaan. Hanya dibalut dengan bahan kulit coklat, agar sesuai dengan kelir di bodi.

Padahal kalau diperhatikan secara detail, terutama jok dan kemudi. Jok yang dipakai tetap barang orisinal tapi memang bukan bawaan Datsun.

Jok diambil kepunyaan Toyota Lexus yang sudah elektrik. Bagian kemudi juga custom, dimana ada fitur untuk mengatur audio.

“Ini semua yang dipasang berfungsi sebagaimana mestinya,” tutur Tomi.
 
Wing + Spoiler
Sesuai denga aliran yang dianut, maka part pendukung bagian luar juga dipasang. Enggak bisa dipungkir, part seperti wing buat Datsung enggak ada di pasaran.

Makanya Tomi rela mendesain khusus wing yang dipadukan dengan spoiler. Seperti biasanya, bahan yang digunakan untuk pembuatan wing dari fiberglass.

Data Modifikasi
Ban Accelera 235/40R18, Pelek Rota R18, Cakram Depan Alcon 330 mm, Cakram Belakang Brembo 320 mm, Bumper Custom, Body kit Custom, Diffuser Custom, Wing Custom, Spoiler Custom, Stop lamp Orisinal Custom, Jok Lexus, Kemudi Orisinal Custom, Bahan Kulit Vector, Head unit Pioneer, Twiteer Pineer, Speaker Pioneer, Sub Woofer 12 in X 2 Pioneer, Power 4 Channel x 2 Pioneer

Plus:  Wide body enggak merobek fender aslinya
Minus: Wing custom masih kegedeaan 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa