Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Manual Injector Cleaning, Modal Selang Dan Aki

Jumat, 27 Januari 2017 | 21:52 WIB
No caption
No credit
No caption

Bali - Menangani kerusakan motor injeksi gak selamanya identik dengan peralatan canggih dan special tools mahal. Injector misalnya, harus dibersihkan agar semprotan bensin makin lancar, dan asyiknya bisa pakai cara murah meriah nih.

“Biasanya mesin suka tersendat dan susah stasioner kalau injector kotor,” ungkap Alvian, salah satu mekanik Pro Tuner di Jl. By Pass Ngurah Rai, Tuban, Badung, Bali. Jika lazimnya membersihkan injector harus menggunakan alat khusus, cara ini modalnya cuma carburator cleaner atau injector cleaner yang model spray, selang bensin dan sebuah aki. Penasaran kan? Yuk kita praktek.

“Pertama sambungkan injector dengan tabung injector cleaner (gbr.1),” jelas pria asal Malang, Jawa Timur ini.

No caption
No credit
No caption
Gambar 1

Untuk itu mesti dibantu kabel tis untuk menguatkan sambungan (gbr.2).

No caption
No credit
No caption
Gambar 2

“Pastikan sambungan benar-benar rapat ya,” wanti ayah satu anak ini. Setelah terpasang dengan baik, aki diperlukan untuk membuat injector menyemprot. Karena injector baru akan membuka jika ada arus DC dengan tegangan maksimum 12V (gbr.3).

No caption
No credit
No caption
Gambar 3

“Untuk pemasangan soketnya gak bisa terbalik. Kalau terbalik pemasangan kabelnya enggak akan membuat injector rusak, cuma injector enggak mau membuka,” yakin Vian sapaan akrabnya.

Jangan Sampai Korslet

Namun pantangan untuk injector adalah jangan sampai terjadi hubungan singkat atau korslet. Untuk jaga-jaga, baiknya bikinkan soket kecil agar kabel dari aki langsung bisa menancap di injector. Dan jangan sampai mengalami hubungan singkat antara kedua kabel positif dan negatif ketika terpasang.

Langkah selanjutnya adalah mengisi selang dengan cairan injector cleaner. Isi secukupnya dan jangan terlalu banyak. Setelah terisi lalu sambungkan kutub aki dengan kabel injector. Jika sambungan benar maka injector akan menyemprotkan cairan tersebut (gbr.4).

Gambar 4

Sembari menyemprotkan, bisa dilihat kualitas semprotannya. Jika sulit bisa disemprotkan ke kertas bersih untuk mengetahui bidang semprotnya. Jika semprotan belum bagus, ulangi berkali-kali hingga bersih.

Mudah dan murah kan? • (Ketut/Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa