Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tenaga All New Chevrolet Spark Naik 15 Dk, Kok Bisa?

Fransiscus Rosano - Jumat, 24 Februari 2017 | 13:08 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Selain membawa All New Chevrolet Trailblazer, PT General Motors Indonesia juga sekaligus meluncurkan All New Trax dan All New Spark di Bali Room Kempinski, Jakarta Pusat (23/2).

Yang menarik, All New Chevrolet Spark yang diluncurkan ini mengalami kenaikan tenaga 15 dk dan torsi 14 Nm dibanding generasi sebelumnya. Kok bisa?

Kalau masih ingat, Chevrolet Spark merupakan keluarga terkecil merek Amerika Serikat ini yang pernah dijual di Indonesia. Sebelum ini, Spark selalu dipasangkan ke mesin 1.2 L atau 1.200 cc, yang terakhir berkode mesin B12D S-TEC II yang memiliki kapasitas 1.206 cc, bertenaga 82 dk dan torsi 108 Nm.

Spark seperti naik kelas karena menggunakan mesin yang lebih besar

All New Chevrolet Spark yang baru saja diluncurkan memiliki tenaga maksimum 97 dk (98 PS) di 6.200 rpm dan torsi 124 Nm di 4.400 rpm. Kenaikan tenaga yang sangat besar tersebut ternyata dikarenakan kapasitas mesin yang juga meningkat.

Tak lagi menggunakan mesin 1.296 cc, kini pindah ke 1.4 L dengan kapasitas pasti 1.399 cc. Dengan teknologi Ecotec, mesin berkode LV7 ini baru digunakan ke Chevy Spark anyar saja.

Rasio kompresinya diset ke 10,5 : 1, perbandingan bore x stroke di 74 mm x 81,3 mm dan sistem pasokan bahan bakar mengandalkan Multi Point Injection dan DOHC.

Untuk pilihan transmisi, All New Chevrolet Spark yang dibanderol seharga Rp 196 juta on the road Jakarta ini hanya dipasangkan ke transmisi CVT saja.

Dengan menaikkan kapasitas transmisi yang digunakan, rasanya All New Spark ini seperti naik kelas. Namun kami sendiri ragu apakah itu hal baik atau tidak, karena sebelumnya, city hatchback yang mencoba naik kelas dengan mesin lebih besar seperti Nissan March 1.5 L tidak bernasib baik di Tanah Air.

Meski begitu, PT General Motors Indonesia tetap pintar menjaga harga pasar Chevrolet Spark ini. Karena dengan mesin lebih besar pun, harganya tetap dibuat selevel dengan setiap flagship city hatchback 1.2 L lainnya, seperti Mitsubishi Mirage Exceed CVT, Kia Picanto Platinum dan Hyundai Grand i10X A/T.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa