Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Volvo 850 GLT 1997, Street Racing Untuk Eropa

Parwata - Rabu, 29 Maret 2017 | 11:47 WIB

Awalnya terinspirasi dari Volvo 850 yang dipakai ajang balap BTCC tahun 1990-an, belakangan ia membuat gaya sendiri

Jakarta - “Dulu gue suka lihat Volvo 850 yang turun balap BTCC dari majalah. Cuma enggak pernah kepikiran punya 850 waktu itu, masih senang merek Jepang,” ucap Andre Irawan, pemilik Volvo 850 GLT berkelir biru ini.
 
Sampai akhirnya ia diajak sepupunya yang punya Volvo 960 yang sudah dimodifikasi. “Dari situlah gue baru naksir Volvo dan langsung nyari,” tuturnya. Untunglah ia kenal dengan Edwyn dari RR Boutique yang terkenal sebagai juragan Volvo.

“Dia punya Volvo 850 standar, gue disuruh nyoba dan akhirnya malah gue bayarin langsung,” ujar Andre lagi. Dasar hobinya suka modifikasi, saat itu langsung saja 850-nya diubah bergaya ala 850 BTCC.

Namun bosan tampilan ala BTCC, ia pun ganti aliran. “Gue pengin ala street racing, belum ada yang bikin kayak gitu,” yakin Andre. Sejurus kemudian, sedan ini dibongkar habis. Cat asli biru metalik gelap, dicat ulang dengan warna biru hasil racikannya sendiri dari Spies Hecker.

Lalu di bagasi belakang ia menambahkan wing asli BMW M3 E30. “Asli nih! Cuma gue custom sedikit, nambahin diffuser,” jelasnya. Agar tampilan street racing makin jelas, pelek OZ Chrono ukuran 17x8+9 inci, dengan ban Toyo Proxes T1R ukuran 225/45R17 depan dan 255/40R17 belakang dipasang.

Lalu untuk menceperkan suspensinya, ia memasang coilover lansiran Cusco. “Sempat mau pasang big brake kit, tapi mentok di palang OZ-nya, akhirnya lepas lagi,” ucap pemukim di Cijantung, Jaktim, ini.

Tak hanya tampilan, sumber tenaga 5 silindernya ikut dioprek. Walau sempat bingung mencari part racing-nya, akhirnya Andre dapat per klep, berikut klep keluaran Molnar, yang memang khusus 850.

Sekalian saja ia pasang piggyback Dastek Unichip Q+, header custom 5-1 dari bahan stainless steel dan engine mounting dari bahan Polyurethane custom. Alhasil, sekarang power mesin melonjak jadi 320 dk. * (Kyn/otomotifnet.com)

Data Modifikasi
Eksterior: Repaint custom blue Spies Hecker, rear wing BMW M3 E30, sidemarker Volvo S40, corner lamp 850 USDM
Interior: Jok bucket Sparco Pro2000, seatbelt 4 titik Sparco, jok bucket Recaro A8, roll-bar 4 titik custom
Mesin: Porting polish triangle valve, per klep Molnar, klep Molnar, Dastek Unichip Q+, header 5-1 custom, silicone hose Samco, strutbar Ultra Racing, engine mounting PU custom
Pelek dan Kaki-kaki: OZ Chrono 17x8+9 inci, ban Toyo Proxes T1R 225/45R17 depan, 255/40R17 belakang, coilover Cusco

Plus: Modifikasi gaya street racing untuk mobil mewah
Minus: AC tidak berfungsi

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa