Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Kaget, Toyota Land Cruiser Ini Lebih Kencang Daripada Lamborghini Anda

Fransiscus Rosano - Senin, 8 Mei 2017 | 10:21 WIB
No caption
No credit
No caption

Amerika Serikat - Meski tidak terlihat tidak jauh berbeda dibanding Toyota Land Cruiser standar, namun jangan kaget bila apa yang ada pada foto di atas ternyata lebih kencang daripada Lamborghini anda.

Yup, Toyota Land Cruiser yang sempat dipamerkan di SEMA Show 2016 ini baru saja menembus angka kecepatan maksimal 370,15 km/jam (230.02 mph) di Mojave Air and Space Port, Mojave, Amerika Serikat. Rekor tersebut dipecahkan oleh pengemudi NASCAR, Carl Edward dalam jarak 3,22 km.

Angka yang dihasilkan SUV gambot itu lebih cepat 47 km/jam dibanding Lamborghini Huracan atau bahkan 20 km/jam lebih cepat dibanding Aventador dengan mesin V12-nya.

Tentunya, jeroan Land Cruiser super-cepat ini atau disebut 'Land Speed Cruiser' tidak standar begitu saja.

Mesin 3UR-FE V8 5.700 cc mendapat dua turbo raksasa dari Garret dan ubahan mayor lainnya

Beda dengan yang dijual di Indonesia, Toyota Land Cruiser versi Amerika Serikat memiliki mesin berbahan bakar bensin dengan kode mesin 3UR-FE.

Tidak diubah, namun modifikasi besar-besaran terhadap jantung mekanis V8 5.7 L tersebut tentunya dilakukan untuk dapat mencapai tenaga yang luar biasa besar di atas 2.000 dk. 

Salah satunya, adalah penggunaan dua turbo besar dari Garret yang satunya memiliki tekanan hingga 55 psi. Tak lupa upgrade banyak komponen seperti connecting rods, piston, intake manifold dan lainnya diganti baru untuk tetap ‘tahan’ tekanan ekstra besar yang diberikan oleh turbo tersebut.

Tentunya tidak hanya mesin, kaki-kaki juga mendapat sektor rombakan cukup banyak hingga hampir tak disisakan jarak dari bibir fender ke ban. Interiornya ‘ditelanjangi’, disisakan hanya jok pengemudi dan tentunya ditambahkan rollbar untuk mengurangi kemungkinan flexing di kecepatan ekstra tinggi.

Semua ubahan tersebut tidak sia-sia. Angka di kecepatan maksimum di atas 370 km/jam itu mengalahkan rekor SUV tercepat di dunia sebelumnya sejauh 30,58 km/jam, yaitu Brabus GLK V12 yang lebih ringan.

Berani lawan?

Editor : Fransiscus Rosano
Sumber : Motortrend

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa