Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Konversi All New Honda CR-V 2.0L Jadi 7-Seater? Ini Kata Honda

Fransiscus Rosano - Senin, 15 Mei 2017 | 08:00 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - All New Honda CR-V 1.5L Turbo baru saja diluncurkan di Indonesia dengan konfigurasi jok 7-seater. Varian entry level-nya, CR-V 2.0L, hanya memiliki 5 jok seperti sebelumnya.

Pertanyaannya, apakah konfigurasi 5-seater dari CR-V 2.0L bisa dikonversi menjadi 7-seater?

“Tidak bisa,” tegas Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Mengapa tidak bisa? Koji Hirano, Assistant Large Project Leader All New Honda CR-V dari Honda R&D Co., Ltd Automobile R&D Center, menjelaskannya dalam sesi interview eksklusif.

No caption
No credit
No caption
Penambahan baris ketiga memakan usaha terlalu banyak, sehingga tidak bisa dilakukan seperti sekadar menambah aksesoris

“Kami sebagai produsen, menjamin produk secara keseluruhan. Jika ada penambahan dan perbedaan, tidak bisa kami jamin karena dilakukan modifikasi. Secara R&D, 7-seater (CR-V 1.5L Turbo, red.) telah diuji dalam berbagai kondisi. Bila ditambah sendiri tidak kami jamin karena belum diuji,” jelas Koji Hirano.

Menurutnya juga, menambahkan dua set jok menjadikan power dan speed dari CR-V 2.0L tidak bisa dijamin. Seperti yang diketahui, All New Honda CR-V 2.0L memiliki tenaga 152 dk dan torsi 189 Nm, sedangkan CR-V 1.5L Turbo memiliki tenaga 189 dk dan torsi 240 Nm.

Lanjutnya, konfigurasi 3 baris juga diklaim membutuhkan beberapa support.

“Ketika bodinya dibuat jok tiga baris itu diperkuat, juga harus dirubah semua dengan 7-seater. Beberapa bagian seat juga diberi penguatan atau support,” tambah Hirano San.

No caption
No credit
No caption
Bagasi CR-V 2.0L 5-seater
Bagasi CR-V 1.5L Turbo 7-seater

Sementara bila melihatnya sendiri akan jelas bahwa tanpa jok baris ketiga, CR-V 2.0L masih memiliki bagasi dengan lantai lebih rata dengan tuas One Action Seat Arrangement seperti sebelumnya. Sedangkan CR-V 1.5L Turbo dengan 7-seater, memiliki rel slider untuk jok baris kedua yang jelas tidak ada di CR-V 2.0L.

Penambahan modul Upper Mode dan Lower Mode di bagasi juga absen pada CR-V 2.0L, juga dudukan untuk jok baris ketiga. Pun peranti penambah kenyamanan untuk baris paling belakang pun tidak ada seperti ventilasi AC tambahan di belakang.

Jadi sudah jelas tidak bisa kan?

Editor : Fransiscus Rosano
Sumber : OTOMOTIF

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa