Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Langsung Dari Jepang, Ini Rahasia Honda Automated Drive Bisa Berjalan Sendiri Di Jalan Raya

Pilot - Minggu, 11 Juni 2017 | 05:54 WIB
No caption
No credit
No caption

Tokyo - Ada beberapa komponen tambahan yang disematkan pada mobil Honda Accord dan Legend yang menyebabkan mobil bisa autopilot. 

Pertama untuk mengontrol kondisi sekita mobil dan memberikan masukan ke sistem selama perjalanan.

Yaitu dengan menambahkan Electronic Control Unit (ECU) baru yang memiliki teknologi high precision maps. Dihubungkan melalui alat  telekomunikasi ke server yang mem back up data perjalanan.

(Baca juga : Langsung dari Jepang, Begini Rasanya Mengemudi Mobil Yang Bisa Nyupir Sendiri 1)

Lalu, untuk mendeteksi kondisi di sekitar mobil selama perjalanan, dipasang 2 kamera dan radar yang terhubung ke sub ECU.

Sistem yang membuat mobil jadi 'pintar'

Selanjutnya memonitor kondisi pengemudi selama perjalanan. Sensor yang ada disetir untuk mengetahui apakah tangan masih menggenggam kemudi atau tidak. Juga ada sensor yang memonitor  arah pandangan dan gerakan muka pengemudi.

Nah, input dari semua itu dikirim ke ECU utama yang akan mengolahnya menjadi informasi untuk menggerakan dan mengarahkan mobil. Outputnya juga muncul di monitor yang ada di panel indikator mobil dan setir. 

(Baca juga : Langsung dari Jepang, Begini Rasanya Mengemudi Mobil Yang Bisa Nyupir Sendiri 2)

Untuk menambah ‘kepintaran’ mobil, Honda juga menerapkan teknologi Artificial Intellegence atau kecerdasan buatan pada komputernya. Sehingga bisa mengantisipasi orang-orang pejalan kaki, menyebrang jalan, hingga pergerakan setir yang tidak searah jalan. 

“Dan semua itu masih terus dikembangkan hingga benar-benar sempurna. Tujuannya tentu untuk membuat berkendara menjadi lebih aman dan nyaman. Tidak hanya buat pengemudi, tetapi juga orang-orang di sekitarnya,” tutup Takahiro Hachigo, CEO Honda Motor Co., Ltd (otomotifnet.com)

Editor : Pilot

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa