Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Benarkah Mitsubishi Expander Pakai Mesin Colt T120 SS?

erie - Jumat, 21 Juli 2017 | 19:16 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta – Teka-teki selanjutnya setelah melihat bocoran tampang Mitsubishi Expander adalah mesin apa kira-kira yang bakal digunakan Mitsubishi untuk LMPV baru ini?

Jika melihat spesifikasi umum yang sudah banyak bocor di internet, Mitsubishi Expander bakal menggunakan mesin 1.500 cc non turbo, alias naturally aspirated.

Nah, berdasarkan catatan Otomotifnet, Mitsubishi hanya punya satu model mesin berbahan bakar bensin 4 silinder segaris dengan kapasitas 1.500 cc N/A, yaitu Orion 4G15. 

Mesin jenis ini hanya diproduksi di Taiwan dan Indonesia. 

Sementara di Jepang, Thailand dan Australia, Mitsubishi tidak memproduksi mesin berkapasitas 1.500 cc.

Di Jepang sendiri ketersediaan mesin yang kapasitasnya mendekati mesin Expander saat ini adalah 1.242 cc (kode K12B,G) dan 1.597 cc (kode HR16DE,G) . 

Dan yang di Indonesia, sejak tahun 1991 hingga sekarang, mesin 4G15 hanya digunakan untuk satu model saja, Colt T 120 SS.

Di Colt T 120 SS, mesin berkapasitas 1.468 cc dengan 12 katup ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 86 dk dan torsi maksimum 120 Nm. 

Sebagai catatan, jika melihat spesifikasi mesin Toyota Avanza Veloz, 4 silinder segaris berkapasitas 1.500 cc, DOHC VVT-I, mampu menghasilkan tenaga 104 dk dan torsi maksimum 140 Nm.

Dari situ bisa ditengarai kalau mesin buat Expander  berada di kelas yang sama dengan calon kompetitornya. 

Editor : erie

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa