Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kaca Depan Bisa Bermasalah Bukan Hanya Karena Jamur. Tapi Ini Juga!

Parwata - Senin, 31 Juli 2017 | 20:49 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Lama merasa kaca depan Nissan X-Trail miliknya bikin pandangan blur, terlebih saat malam hari dan hujan. Langsung saja Yadi Cahyana mendatangi salon perawatan untuk melakukan car detailing. 

Awalnya terlihat seperti ada kerak dan jamur di kaca. Selesai proses, ternyata kerak tersebut masih ada. Ndilalah, diteliti lebih lanjut, ternyata sumber masalahnya dari kaca film. 

“Umumnya karena kualitas kaca film yang dipasang bukan yang terbaik,” papar Christopher Sebastian, CEO Makko Group, selaku distributor kaca film merek Masterpiece dan First Klass. 

No caption
No credit
No caption
Saat mengganti kaca film, yakinkan permukaan kaca bersih dari segala noda dan kotoran bekas lem terdahulu 

Jadi, lem yang menempel di kaca setelah lama kelamaan seperti kering, dan akhirnya bikin noda seperti jamur kaca, namun letaknya ada di antara kaca dan lapisan kaca film. 

“Solusinya tentu mesti ganti kaca film. Sebenarnya tidak masalah di harga juga, bukan karena harga murah. Tapi mungkin karena barang yang terpasang versi reject,” wanti pria ramah ini. 

No caption
No credit
No caption
Oleskan cairan penghilang jamur dengan aplicator pad atau alat khusus, lalu langsung siram air
untuk menghilangkan bekas-bekasnya

Tentu saat menggantinya nanti, mesti diyakinkan kalau seluruh lem bekas kaca film lama dikerok habis, supaya enggak meninggalkan noda. * Rio/otomotifnet.com 

Perawatan Jamur Kaca 

Walau kaca film sudah berganti, namun perawatan utama kaca adalah soal jamur kaca. Nah, cara merawatnya tentu banyak sekali. 

Paling awal tentu dikerjakan sendiri. “Usahakan rutin ketika jamur mulai muncul. Supaya lebih memudahkan,” ungkap Daniel Saputra dari gerai Show Car Garage di Jl. Meruya Ilir Raya No.191, Jakbar. 

Setelah jamur hilang, antisipasi kerak di kaca dengan water repellent  

Banyak cairan penghilang jamur yang bisa digunakan. Caranya tinggal usap ke kaca, bisa menggunakan kuas atau spon khusus aplicator pad. Namun pastikan sebelumnya permukaan kaca dalam kondisi dingin alias tidak habis dipakai jalan atau terkena matahari langsung. 

Setelah itu, bisa langsung siram air untuk menghilangkan bekas cairannya dan lap kering menggunakan microfibre. Lebih maksimal lagi, setelah jamur hilang, tambahkan lagi water repellent. Cairan ini efektif membuat kaca jauh lebih licin, sehingga bekas air di kaca akan langsung turun. 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa